Taman Digulis, Taman Surga dari Kota Khatulistiwa

0
160

Bagi setiap orang, tempat wisata merupakan tempat untuk mengisi waktu luang dan menyegarkan pikiran dari penatnya aktivitas sehari-hari, baik bersama teman, keluarga atau pasangan. Terkadang tempat wisata juga bisa dijadikan tempat untuk mencari inspirasi, ide, atau sekedar berfoto. Tidak perlu keluar negeri, di Nusantara juga terdapat banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Taman Digulis yang terletak di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Pontianak biasanya disebut sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis Khatulistiwa. Taman ini memiliki titik koordinat : 0°03’18.9”S hingga 109°21’00.1”E

Taman yang diresmikan tanggal 31 Desember 2016 oleh Wali Kota Pontianak ini terletak di pusat kota, sehingga menjadikannya tempat yang strategis walau hanya untuk basa basi menghabiskan waktu santai bersama teman dan keluarga. Alasan dinamai Taman Digulis karena letak taman ini berdekatan dengan Tugu Digulis. Tugu Digulis adalah salah satu monumen di Kota Pontianak yang didirikan sebagai peringatan atas perjuangan sebelas tokoh Sarekat Islam di Kalimantan Barat yang dibuang ke Boven Digoel, Irian Barat karena khawatir pergerakan mereka akan memicu pemberontakan terhadap pemerintahan Hindia Belanda di Kalimantan. Taman Digulis dibuat sebagai tempat bagi warga yang ingin bersantai, mengisi waktu luang, dan berolahraga karena di taman ini memiliki berbagai fasilitas yang mendukung.

Banner 02

Menjadi salah satu ikon wisata di Kota Pontianak membuat Taman Digulis dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung seperti taman bermain, jogging track, dan lainnya. Play ground (taman bermain) yang terdapat pada taman ini dikhususkan bagi anak-anak, terdapat dua seluncuran dan satu arena engklek. Jadi bagi kalian yang ingin membawa anak,adik atau keponakan bisa saja, karena mereka tidak akan bosan berlama-lama di Taman Digulis. Bagi kalian yang senang berolahraga, di taman ini juga terdapat Jogging Track yang panjang dan luas. Jangan khawatir ketika kalian ingin jogging pada siang hari, karena disepanjang kiri dan kanan jogging track terdapat pohon yang rindang, pastinya membuat kalian tidak kepanasan.

Selain jogging track, para pecinta olahraga juga dimanjakan dengan adanya dua lapangan tenis yang nyaman untuk kalian para pemula maupun yang sudah ahli. Lapangan tenis ini telah dilengkapi lampu penerangan yang dapat menerangi ketika kalian ingin bermain tenis pada malam hari tanpa perlu merasa khawatir. Hebatnya lagi, kalian tidak perlu menyewa lapangan tersebut alias gratis.

Menariknya bagi para muda mudi yang senang dengan olahraga ekstrim seperti Skateboard dan BMX, Taman Digulis menyediakan arena untuk menyalurkan hobi kalian. Banyak pencinta olahraga ekstrim melatih kemampuan di arena ini, setelah latihan mereka juga saling berbincang dan berbagi ilmu seputar hobinya. Sehingga taman ini dianggap sebagai surganya para bikers dan skateboarder Pontianak.

Penataan taman yang indah semakin disempurnakan dengan beragamnya jenis tanaman dan bunga yang dirawat untuk menambah kenyamanan para pengunjung yang datang. Terdapat banyak jenis tanaman yang ada, di antaranya tanaman bunga melati dan lidah buaya yang membuat taman ini semakin berwarna dan terasa segar. Selain itu, taman ini juga memiliki banyak sekali tempat duduk, jadi kalian tidak perlu takut tidak kebagian kursi ketika ingin beristirahat setelah melakukan aktivitas di taman ini.

Taman Digulis memiliki daya tarik tersendiri bagi kalian yang senang dengan ketenangan dan rasa sejuk, karena Taman ini dikelilingi banyak sekali pohon. Untuk bisa menikmati segala fasilitas di taman yang dibuka selama 24 jam ini, kalian tidak perlu membeli tiket dan mengeluarkan banyak uang, cukup dengan membayar dua ribu rupiah per kendaraan saja yang digunakan untuk membayar parkir, kalian sudah bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang ada di Taman Digulis. Sangat direkomendasian bagi kalian yang sedang mencari tempat wisata, tapi memiliki budget yang tipis.

Penulis : Muhamad Yodi Kaidavi

Facebook : Muhamad Yodi Kaidavi ([email protected])

Instagram : @mykaidavi

email : [email protected]