fbpx
Home Tempat Wisata Pulau Rupat Serpihan Surga Terluar Indonesia

Pulau Rupat Serpihan Surga Terluar Indonesia

0
76

Apa yang terlintas dipikiran anda saat mendengar nama propinsi Riau? hamparan hijau perkebunan kelapa sawit? tinggi semampainya tanaman karet? Atau propinsi yang kaya dengan minyak buminya? Ya demikian pandangan banyak orang tentang propinsi yang terletak di pulau Sumatera bagian tengah ini, sumber dayanya didominasi oleh sumber alam terutama minyak bumi, gas alam, karet dan kelapa sawit. Namun siapa sangka propinsi yang dijuluki Bumi lancang kuning, the homeland of Melayu ini menyimpan pesona wisata alam yang tidak kalah keren dari propinsi lainnya, bahkan sebagian penduduk Riau menamai pantai ini sebagai Bali nya Riau, yaitu pantai Rupat utara yang terletak di Kabupat Bengkalis.

Nah, melalui keputusan presiden Nomor 6 tahun 2017 menetapkan 111 pulau sebagai pulau-pulau kecil terluar Indonesia dan Pulau Rupat ini salah satunya. Pulau Rupat berada disekitar pesisir Selat Malaka, jadi tidak heran jika penduduk sekitar menggunakan dialek bahasa Melayu yang hampir sama dengan bahasa Melayu Malaysia. Luas pulau ini mencapai sekitar1.500 kilometer persegi dan dihuni sekitar 30.000 jiwa penduduk. Yang menjadikan keunikan pantai Rupat Utara adalah panjangnya pesisir pantai yang mencapai sekitar 11 kilometer dan lebarnya mencapai 30 meter sehingga menjadikan pantai Rupat utara sebagai pantai pasir putih terpanjang di propinsi Riau, di pantai ini kita bisa turun ke pasir dengan mengendarai motor. Dan bisa menjelajahi 3 pantai sekaligus dengan sekali jalan, padahal 3 pantai ini terdapat dibeberapa desa. selain itu di pantai ini terdapat dua tiang api jika menaikinya sampai ke tingkat 12 maka kita dapat melihat menara kembar Malaysia, jadi kamu tidak perlu melancong ke Malaysia ya jika hendak menyaksikan Menara kembarnya.

Banner 02

 

Selain keindahannya daya tarik lain bagi wisatawan adalah setiap setahun sekali diadakan tradisi mandi safar di bulan safar atau bulan februari tepatnya pada hari rabu akhir bulan safar, kegiatan ini dihadiri langsung oleh pejabat daerah seperti gubernur Riau, bupati Bengkalis beserta rombongannya dan masyarakat dari berbagai daerah turut memeriahkan. Tradisi mandi safar tersebut berisi rangkaian acara seni dan perlombaan seperti volly ball pantai, sepak bola pantai dan permainan tradisional seperti gasing dan congkak. Ritual mandi safar menjadi tradisi yang tak ditinggalkan serta menjadi even wisata yang tentunya akan berdampak baik bagi masyarakat sekitar. Nah buat kamu yang berkesempatan berkunjung ke Riau jangan lupa mampir ke pulau Rupat ya, yuk eksplor salah satu pulau terluar Indonesia

 

Penulis : Nurul Azmaliza

e-mail : [email protected]

Instagram :@nurulazmaliza

Alamat Lengkap di Google Maps