Lampung Selatan merupakan sebuah kabupaten yang menjadi pintu gerbang Provinsi Lampung. Di kabupaten ini terdapat Pelabuhan Bakauheni, tempat bersandar kapal-kapal yang membawa penumpang/barang dari Pulau Jawa. Sedangkan Kalianda merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan yang terletak di kaki Gunung Rajabasa. Kota kecil nan bersahaja ini juga terletak di tepi pantai di sepanjang Teluk Lampung.

Buat kamu yang suka travelling aku recommended banget buat datang ke salah satu surga dunia di Provinsi Lampung, yaitu Wisata Pulau Mengkudu dan Batu Lapis yang berada di daerah Kalianda, Lampung Selatan tepatnya di desa Totoharjo Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan. Wisata ini sedang nge-hits dan banyak dikunjungi oleh wisatawan muda khususnya di daerah Lampung bahkan luar Lampung karena keindahan alamnya. Di kawasan ini juga terkenal banyak pantai cantik yang berjejer hampir di setiap sudut daerah ini.

Untuk mencapai lokasi ini ada beberapa rute yang harus ditempuh. Perjalanan dari kota BandarLampung kira-kira akan memakan waktu sekitar 2jam perjalanan menuju Kalianda. Sesampai nya di Kalianda lalu menuju tugu topeng, kemudian menuju pasar Kalianda. selanjutnya akan melewati obyek wisata yang tak kalah cantik seperti Pantai Canti, Pantai Wartawan, Laguna Helau dan Kahai Beach.

Banner 02

Jika sudah mendekati Pantai Kahai Beach, disekitar sini sudah banyak nelayan yang menawarkan trip ke Pulau Mengkudu dan Batu Lapis. Biasanya tarif sewa kapal nelayan antara Rp30.000,- s/d Rp40.000,- per orang. Perahu yang digunakan untuk menyeberang ke Pulau Mengkudu adalah perahu kecil tanpa atap. Tapi jangan khawatir, perahu tidak menyeberang melewati tengah laut, melainkan melaju dekat pinggiran pulau. Jaraknya pun cukup dekat, sekitar 15-20 menit saja kami sudah sampai (tergantung ombak sedang tinggi atau tidak).

Sesampainya di Pulau Mengkudu, pengunjung akan dikenakan tarif masuk pulau sebesar Rp10.000/orang. Jika akhir pekan atau hari libur pengunjung Pulau Mengkudu dan Batu Lapis lebih banyak dari hari biasa, jumlahnya sekitar 100 orang. Untuk hari libur nasional atau hari raya pengunjung bisa mencapai 500-an orang. Disini memang ada warung, bagi yang mau membeli air minum, mie instant atau jajanan gorengan bisa membeli diwarung tersebut.

Trek selanjutnya adalah Batu Lapis. Untuk menuju ke batu lapis kalian bisa memilih diantara 2 alternatif, via darat atau via laut. Jika ingin menggunakan jalur darat kita bisa mendaki bukit dengan medan yang menantang dan ditemani beberapa monyet yang masih berada di Pulau Mengkudu. Untuk wisatawan diharapkan berhati-hati untuk tidak memberi makanan kepada monyet disini. Namun jika kalian ingin melewati jalur laut maka cukup menyewa perahu nelayan yang berada di Pantai Belebuk atau Desa Kunjir dengan tarif Rp.25.000,-.

Pemandangan indah bisa kita saksikan dari Batu Lapis, termasuk anak Gunung Krakatau. Batu lapis sendiri berupa batu yang bentuk nya unik sekali, berlapis-lapis, dan bergaris-garis karena proses alamiah dari ombak pantai yang menjadikan batuan sangat indah.

Bentuk batu yang indah ini menjadikan setiap pengunjung tertarik untuk mengabadikan moment disini, dengan suara deburan ombak dan sejuknya suasana pantai membuat tempat ini makin mempesona.

Bagaimana kawan? Tertantang untuk mencicipi sepenggal surga di lampung selatan ini?? Wisata anti mainstream yang pasti pesonanya akan memikat kalian yang berkunjung.

Penulis : Novia Nurmuslimah

Facebook :novia nurmuslimah

Instagram :novianurmuslimah

E-mail : [email protected]