fbpx
Home Tempat Makan Nasi Tahu & Sate Serepeh Warung Makan Bu Slamet

Nasi Tahu & Sate Serepeh Warung Makan Bu Slamet

0
58
Nasi Tahu & Sate Serepeh Warung Makan Bu Slamet
Nasi Tahu & Sate Serepeh Warung Makan Bu Slamet

Berburu kuliner di daerah Jawa Tengah tidak cukup kalau hanya satu atau dua kali kunjungan, meski terasa sudah banyak kuliner yang kita coba, tapi masih saja ada yang khas dan unik dari tempat ini. Seperti nasi tahu dan sate serepeh yang hanya ada di Kota Rembang. Sebenarnya pada kunjungan kami ke kota kecil ini sebelumnya, kami sudah tahu tentang makanan yang satu ini tapi keberuntungan belum berpihak pada kami saat itu. Dan hari ini, kami mengkhususkan waktu untuk menikmati menu yang sempat tertunda ini. Untuk kali ini, kami mencoba untuk menikmati Nasi Tahu dan Sate Serepeh di Warung Makan Bu Slamet yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin No. 9, Rembang. Pada malam sebelumnya kami sudah menginap di daerah Rembang, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke lokasi. Sekedar informasi, untuk dapat mencapai Warung Bu Slamet tidak ada kendaraan umum kecuali becak dan dokar yang melintasi daerah ini.

Warung Bu Slamet ini merupakan salah satu penjual nasi tahu dan sate serepeh yang sudah cukup lama, ±20 tahun yang lalu Bu Slamet memulai usahanya. Dengan menempati sebuah ruangan kecil yang sederhana, Beliau melayani para pembelinya setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 10 siang. Meskipun jam bukanya terbilang sangat singkat, namun tidak kurang dari 80 porsi nasi tahu dan sate serepeh selalu habis untuk melayani pembelinya. Apalagi pada saat weekend atau musim liburan, Bu Slamet dengan dibantu beberapa Ibu-Ibu yang sudah tua bisa menghabiskan 2 sampai 3 kali lipat dari hari biasanya.

Warungnya cukup kecil dan sederhana, kalau dilihat dari luar tidak tampak seperti warung makan. Selain ruangannya yang masih menjadi bagian dari sebuah rumah tua di daerah Rembang, pintu masuknya juga tertutup dengan dua buah spanduk bertuliskan “Warung Makan Bu Slamet” yang disponsori oleh beberapa produk. Warungnya hanya dilengkapi dengan tiga buah meja panjang dengan dua kursi panjang pada setiap meja. Tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan nasi tahu beserta sate serepehnya, hanya dalam beberapa menit pesanan sudah tersaji di atas meja. Meski yang membantu Bu Slamet sudah berusia tua, tapi soal pelayanan tidah kalah cepat dengan yang masih muda yang biasa kita jumpai di warung-warung makan.

Sesuai dengan namanya, nasi tahu hanya terdiri dari potongan tahu goreng yang dominan dengan tambahan sayur taoge, taburan kacang tanah goreng dan bawang goreng serta siraman bumbu ulek dan sedikit kuah khas nasi tahu. Meski tampilannya sangat sederhana, tapi rasanya bisa membuat kita ketagihan untuk menikmatinya lagi. Ada rasa gurih, pedas, asin dan segarnya jeruk limun juga terasa, apalagi penyajiannya masih menggunakan daun jati sebagai alasnya, sehingga rasa dan aroma yang tercipta juga lebih berbeda dan khas. Selain itu, nasinya yang sangat pulen juga menambahkan kenikmatan saat bersantap, apalagi kalau ditambahkan dengan sate serepeh sebagai lauk pendampingnya. Selain dagingnya yang empuk, bumbu yang digunakan untuk sate serepeh ini juga gurih dan begitu lembut ketika disantap.

Banner 02

Sate serepeh merupakan sate yang terbuat dari daging ayam dengan potongan daging yang pipih melebar, sebelum di bakar biasanya dagingnya sudah dimasak terlebih dahulu. Selain pengolahannya yang sedikit berbeda dengan sate ayam, bumbu yang digunakan dalam penyajiannya juga jauh berbeda. Karena bumbunya berasal dari pengolahan santan kental yang bercampur dengan bumbu dapur lainnya, teksturnya begitu lembut dan berwana kemerahan yang berasal dari cabai merah, namun untuk rasanya sendiri tidak terlalu pedas. Untuk menikmati menu khas dari kota Rembang ini, kita hanya perlu merogoh kocek 4ribu rupiah untuk nasi tahunya, sedangkan untuk sate serepehnya dijual pertusuk dengan harga seribu seratus rupiah saja. Meskipun dijual pertusuk, tapi kita juga bisa memesan dalam bentuk porsi dengan 10 tusuk untuk setiap porsinya.

Alamat Lengkap di Google Maps