fbpx
Home Tempat Makan Nasi Lengko WM. Warma Pi’ An

Nasi Lengko WM. Warma Pi’ An

130
Nasi Lengko WM. Warma Pi’ An
Nasi Lengko WM. Warma Pi’ An

Masih berada dari Kota Tegal, selain sauto atau soto dengan bumbu tauconya masih ada lagi kuliner Tegal yang tidak boleh kita lewatkan adalah Nasi Lengko. Nasi lengko ini merupakan makanan salah satu makanan khas dari Kota Tegal yang bisa dengan mudah kita jumpai di warteg-warteg. Namun kalau kita menikmati nasi lengko ini di Warma Pi’ An rasanya akan lebih nikmat dan berbeda.

Dari luar warungnya biasa-biasa saja dengan lahan parkir yang menyambung dengan tepian jalan raya, sehingga muat untuk 2-3 mobil. Di dalam warung juga terlihat biasa saja, beberapa meja panjang dengan kursi yang juga panjang tertata di dalamnya. Sama seperti warung makan pada umumnya, sebuah papan cukup besar bertuliskan aneka menu makanan terpajang pada salah satu dindinnya memudahkan kita kalau ingin memilih makanan. Tertulis juga kalimat Pusat Informasi Anda (tertulis di atas pintu menuju dapur), mungkin kalimat tersebut yang mewakili kata PIAN.

Dibalik semua yang serba sederhana dan biasa, pasalnya Warma Pi’ An yang berlokasi di Jl. Kol. Sugiono No. 30 (tapi tertulisnya no. 25) ini disebut-sebut sebagai salah satu warung yang paling melegenda. Warungnya sudah berdiri sejak tahun 1926, bahkan Indonesia masih berada dalam masa penjajahan. Dari informasi yang berhasil kami terima, warung ini dirintis oleh Bpk. Nurrachman dengan menu nasi lengko, pisang goreng tanpa tepung, tahu dan tempe goreng serta teh poci yang kesemuanya ini merupakan makanan khas Tegal. Dan pada tahun 1970-an warung ini mulai dikelola oleh Pak Pi’ An yang bernama lengkap Rapi’an hingga kini. Selain menu yang tidak berubah sejak tahun 1926 itu, Warma Pi’ An juga menyediakan ±18 jenis menu baru seperti soto tauco, sate dan gule kambing, cap cay, sayur asem, tongseng dan masih banyak menu lainnya yang tersedia.

Baca Juga :   Warung Soto Pak Ketut

Seperti tujuan awal kami singgah ke Warung Pi’ An, nasi lengko menjadi menu utama kali ini. Sedangkan untuk menu lainnya, mungkin akan kami coba di lain kesempatan. Hanya dalam waktu beberapa menit, sudah tersaji nasi lengko yang terdiri dari nasi putih dengan lauk taoge, irisan kol, potongan tahu-tempe dan disiram dengan bumbu kacang. Dan yang paling khas, taburan kerupuk mie kuning yang menutupi permukaannya. Dari penampakannya terlihat kurang menarik, tapi setelah disantap rasanya diluar dugaan, begitu nikmat dan gurihnya pas tapi unik. Setelah habis menyantap makanannya, jangan lupa untuk memesan teh poci yang khas dari Tegal.

Sebelum meninggalkan warung, jangan lupa juga untuk membeli pisang gorengnya sebagai cemilan di perjalanan. Biasanya pisang goreng tanpa tepung ini sering dijadikan teman perjalanan oleh para pelanggannya, selain tanpa tepung rasanya juga lebih enak, manis dan tidak mengandung banyak minyak. Karena pisang penyetnya digoreng menggunakan mentega.

Alamat Lengkap di Google Maps