Sebentar lagi kita akan memasuki HariLebaran, di mana umat muslim meraih kemenangan usai sebulan penuh berpuasa. Lebaran menjadi momen penting karena semua orang yang merantau kembali ke kampung halaman untuk bertemu keluarga. Tak hanya itu, setiap umat Islam akan saling meminta maaf dan memaafkan akan segala kesalahan yang telah diperbuat. Meski Indonesia terdiri dari berbagai suku dan agama, nyatanya tak hanya umat muslim saja yang merayakannya,lho! Hal itu dapat kamu lihat saat bersilaturahmi ke rumah orang beragama non Islam, pasti ada suguhan makanan berupa menu khas Lebaran. Nah, kira-kira menu apa saja sih yang harus ada ketika lebaran? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut.

5
Credit: cookpad

Opor Ayam

Jika pada saat bulan puasa kita sahur dulu di pagi hari, namun saat di Hari Lebaran, kamu perlu mempersiapkan menu ini untuk dinikmati sebagai sarapan anggota keluarga dan sanak saudara yang berkunjung. Ya, opor ayam adalah salah satu menu khas Lebaran yang harus ada di wilayah Jawa dan sekitarnya. Makanan ini memang identik sekali dengan Lebaran. Maka, jangan heran jika setiap rumah pasti menyediakan menu ini karena sudah bukan hal yang ‘wah’ lagi. Sudah tahu bukan bagaimana resepnya?
4
Credit: lee wee & brothers

Ketupat

Hal lain yang wajib ada saat lebaran adalah ketupat. Ada beragam jenis ketupat yang ada dan kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Ketupat ini akan dijadikan wadah beras dan kemudian dinanak menjadi nasi. Isilah beras sebanyak setengah atau ¾ wadah ketupat supaya tidak meluber nasinya. Setelah matang, nasi dalam ketupat akan disandingkan dengan lauk opor ayam. Rasanya, tidak lengkap jika lebaran tanpa adanya ketupat, bukan? Maka, pastikan untuk menyiapkan di hari sebelumnya,ya!

3
Credit: resep koki

Serundeng Daging

Makanan khas lebaran lainnya yang tak kalah pentingnya adalah serundeng daging. Ya, makanan ini bisa dijadikan lauk atau pendamping makanan saat Lebaran. Menu ini cocok disandingkan dengan hidangan yang berkuah supaya memudahkan untuk ditelan. Selain nikmat, menu ini bisa awet dalam beberapa hari ke depan. Yuk, mulai persiapkan jauh-jauh hari!

2
Credit: zona resep enak

Rendang

Makanan khas lebaran khusus daerah Sumatera ini beda dari daerah lain seperti Jawa karena mereka lebih suka untuk mengonsumsi rendang saat lebaran tiba. Apalagi rendang dengan rasa pedas dan lumer di lidah. Meskipun demikian, ada wilayah lain yang menghidangkan makanan serupa saat lebaran. Bagaimana denganmu?

Banner 02
1
Credit: gulalives

Soto

Mungkin bagi kamu yang tinggal di Jawa merasa aneh jika mengonsumsi soto di Hari Lebaran karena kalah dengan tradisi opor ayam. Namun, hal itu tidak berlaku buat kamu yang tinggal di Banjar. Ya, soto Banjar menjadi hal yang wajib ada saat lebaran karena rasanya yang menggugah selera.

Nah, itu dia berbagai makanan khas Indonesia yang wajib ada saat lebaran. Meskipun demikian, nyatanya tiap keluarga memiliki tradisi sendiri untuk menghiasi meja makannya dengan menu favoritnya. Bagaimana dengan menu lebaranmu?

sumber :https://magazine.job-like.com

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here