fbpx
Home Tempat Makan Kupang Lontong Pak Misari

Kupang Lontong Pak Misari

Kupang Lontong Pak Misari
Kupang Lontong Pak Misari

Kupang Lontong merupakan sejenis makanan seafood yang terbuat dari olahan hewan kupang yang ditambahkan potongan lontong. Pada awalnya, Saya kira kupang lontong itu merupakan salah satu jenis makanan yang berasal dari dari Kota Kupang, tapi ternyata makanan ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan kota tersebut.

Kupang lontong merupakan salah satu makanan khas Kota Pahlawan, dahulunya makanan ini sering dijajakan secara keliling oleh para penjualnya. Namun hingga kini keberadaannya sudah cukup sulit untuk dijumpai, mungkin hanya beberapa pedagang yang masih menyajikan kupang lontong. Salah satu penjual kupang lontong yang cukup dikenal warga Sidoarjo dan Surabaya yaitu Kupang Lontong Bapak Misari yang ada di Jl. Mojopahit No. 62, Sidoarjo.

Baca Juga :   Lionita Resto

Menurut informasi yang tim kami (wisatakuliner.com) terima saat singgah ke warung Bpk. Misari, pada awalnya Beliau berjualan kupang lontong dengan menggunakan sebuah mobil serbaguna. Namun sekarang beliau sudah menempati salah satu kios kecil yang bercat kuning menyala di jalan Mojopahit, Sidoarjo. Sehingga para pembeli yang ingin menikmati kupang lontong bisa duduk lebih leluasa, meski tempatnya hanya cukup untuk menampung sekitar ±20 pengunjung.

Setelah memesan kupang lontong, dengan segera Bpk. Misari langsung meraciknya. Mulai dari menggerus cabai dan bawang putih hingga halus, kemudian ditambahkan komposisi lain untuk membuat seporsi kupang lontong. Ada campuran gula pasir dan bawang goreng yang sudah dihaluskan kasar, petis masak, perasan air jeruk nipis, irisan lontong dan disiram dengan kuah sekaligus kupang. Dan yang terakhir, ditambahkan sebuah lentho (terbuat dari singkong serut yang digoreng dan dibentuk bola-bola kecil) yang diremas.

Baca Juga :   "Pantai Panjang" Sunset Romantis di Bengkulu

Dengan sigap, sang ibu pun langsung mengantarkan sepiring kupang lontong ke atas meja. Ketika pertama kali mencoba, rasanya sedikit agak aneh, namun segar dan tidak amis meski berbahan dasar dari olahan seafood. Karena Saya belum bisa menemukan kata-kata yang pas untuk mewakili citra rasanya, Saya pun terus memakannya, dan tak terasa sepiring kupang lontong pun telah berpindah ke dalam perut. Tapi yang jelas, kalau pergi ke Surabaya lagi, kupang lontong sudah termasuk list tempat wajib yang harus dikunjungi.

Namun kalau ingin lebih nikmat saat menyantap kupang lontong, ada baiknya ditambah dengan sate kerang yang sudah dibungkus rapi di atas meja. Sedangkan untuk penawar rasa pedasnya, kita hanya bisa memesan es kelapa muda yang dingin dan menyegarkan. Untuk menikmati seporsi kupang lontong dengan porsi yang cukup banyak, kita hanya mengeluarkan uang sebesar 5ribu rupiah saja. Dan kalau ingin menambah sate kerang, kita cuma menambah 3ribu rupiah saja untuk setiap bungkus.

Baca Juga :   Sate Klathak Pak Bari

Meski kios ini buka mulai jam setengah 10 pagi, namun ada baiknya telepon terlebih dahulu sebelum Anda datang ke kiosnya. Menurut informasi yang tim wisatakuliner.com terima ketika singgah ke kios Bpk. Misari, Beliau hanya berjualan kalau beliau berhasil mendapatkan kupang sebagai bahan dasar kupang lontong.

Alamat Lengkap di Google Maps

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here