fbpx
Home Artikel Kedai Ketan Punel Surabaya

Kedai Ketan Punel Surabaya

kedai ketan punel surabaya
kedai ketan punel surabaya

Sambil menikmati jalan-jalan sore saya, rasanya kurang lengkap jika tak mencicipi jajanan Suroboyo an. Selepas hujan, sepertinya enak makan yang anget-anget nih. Waktu itu saya sedang main ke taman bungkul, tiba-tiba terlihat di seberang jalan ada sebuah warung yang menggunakan meja dan kursi bambu. Wah, tentu pemandangan itu lantas membuat saya penasaran. Ternyata itu adalah sebuah kedai yang menjual ketan. Rasanya unik, ada yang jualan ketan di sore hari. Biasanya saya hanya bisa menikmati ketan di pagi hari loh sis.

‘Kedai Ketan Punel’, ya nama itu yang terpampang besar di dinding wallpapernya. Kedai ini berdiri sejak tiga tahun yang lalu. Namun sang pemilik mengaku bahwa usaha ketan punel ini sudah berjalan selama lima tahun. Berawal dari berjualan di teman-teman kantor dengan membawa box kecil, dititipkan di warung-warung, sampai dapat mendirikan kedai sendiri di depan rumah makan pujasera ini.

Baca Juga :   RM Kepiting Gemes Kombor
kedai ketan punel surabaya
kedai ketan punel surabaya

Ketan punel ini memiliki banyak varian rasa, mulai dari ketan bubuk kedelai, ketan durian, ketan keju susu coklat, ketan rainbow, ketan abon, ketan serundeng, dan ketan susu. Menu minumannya pun juga selaras dengan jajan ndeso ini. Ada sekoteng, teh rosella, susu jahe, bandrek, bajigur, dan lain sebagainya. Harga sepiring ketan punel dibandrol dengan harga Rp. 5000 sampai Rp18000.

kedai ketan punel surabaya
kedai ketan punel surabaya

Nah berubung perut saya sudah keroncongan langsung saja saya pesan menu favorit kedai ini, ketan bubuk kedelai. Belum lima menit eh pesanan saya sudah sampai, hehe maklum waktu itu saya langsung dilayani oleh pemiliknya. Pada gigitan pertama, hemmh rasanya saya belum pernah merasakan ketan yang sepunel ini. Teksturnya sangat lembut di lidah. Paduan topping parutan kelapa dan bubuk kedelai pun gurih sempurna. Sambil menikmati ketan, saya memesan secangkir teh rosella. Lengkap rasanya jamuan sore saya kala itu.

Baca Juga :   Bandeng Bhudeng

Nuansa kedai ini pun mengingatkan saya dengan suasana di pedesaan. Meja dan kursi yang terbuat dari bambu, hiasan bunga di atas cobek, piring dan cangkir jadul, ditambah dengan alunan musik keroncong yang membuat saya rindu akan kampung halaman. Tidak hanya itu menjelang matahari tenggelam, lampu-lampu minyak pun akan menghiasi setiap mejanya. Waw, javanes banget kan sista.. Apa lagi ramah tamah para pelayan dengan jargon andalannya “monggo pinarak”, yang membuat saya ingin mengulangi untuk singgah di kedai ini.

Kedai Ketan Punel
Kedai Ketan Punel

Menurut sang pemilik kedai ini sangat ramai dengan pengunjung. Lebih-lebih pada malam hari, mulai dari yang tua hingga yang muda berkumpul menjadi satu di tempat ini. Bahkan para pejabat juga pernah bersinggah di tempat ini, Uuuuu. Dalam sehari kedai ketan punel ini dapat menghabiskan 13-16 kg beras ketan.

 

(Luluk Rohmatun, Surabaya, 2018)

Informasi Tambahan

Alamat : Jl. Raya Darmo No.110, Darmo, Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241, Indonesia
Menu : Harga sepiring ketan punel dibandrol dengan harga Rp. 5000 sampai Rp18000.

Alamat Lengkap di Google Maps