Mencari makanan di daerah Tangerang memang tidak susah, tapi teman-teman semua pasti beberapa banyak yang ngga tahu kira-kira makanan khas Tangerang itu apa aja ya? Kalau berbicara masalah makanan khas Tangerang ya pasti saya merekomendasikan Laksa khas Tangerang.

Laksa sendiri di Tangerang terdapat dua jenis, ada laksa nyai dan laksa nyonya. Perbedaanya laksa nyai dibuat oleh orang pribumi asli Tangerang, dan laksa nyonya dibuat oleh kaum peranakan Cina di Tangerang.

Laksa Tangerang sendiri sudah ada sejak tahun 1970-an, kala itu banyak pedagang yangkeliling di kampung Tangerang. Namun seiring perkembangan zaman, Laksa mulai tergeser jenis makanan lain yang cepat dimasak, cepat dijual, dan mungkin lebih murah. Sehingga 20 tahun lalu makanan Laksa agak menghilang

Banner 02

Tetapi pada tahun 2000 laksa kembali muncul dibanyak tempat. Bahkan pemkot Tangerang mendukung kuliner khas Tangerang ini. Kini kuliner laksa secara permanen hadir dan di buatkan kawasan kuliner laksa Tangerang di Jalan Muhammad Yamin. Dengan tempat yang tertata rapih dan juga

Baca Juga :   Tahu Tek-tek Pak Ali

Laksa Tangerang berbeda loh dengan laksa – laksa lainnya. Laksa disini bahan utamanya adalah semacam bihun tapi tebalnya seperti spaghetti dan terbuat dari beras. Kemudian bahan-bahan ini disiram dengan kuah Laksa dengan bahan-bahan berupa dari kacang ijo, kentang, santan dan kaldu ayam. Selain itu disediakan juga tambahan daging ayam kampung atau telor. Sebelum disajikan masakan ini diberi taburan daun kucai yang dirajang kecil-kecil.

Laksa biasanya dinikmati untuk sarapan, walaupun demikian laksa bisa dinikmati kapan saja karena pedagang laksa di Jalan Muhammad Yamin buka setiap hari dan dagangannya mulai pada jam 09:00-17:00 WIB. Ada sekitar 7 tempat yang menjajakan laksa disini. Untuk mencicipi sepiring laksa tidak terlalu mahal. Bila ingin menggunaka telur kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 13.000,- , bila menggunakan ayam sebesar Rp 22.000,-. Alamat Kawasan Kuliner Laksa Tangerang sendiri berada di Jalan Muhammad Yamin, Babakan, Tangerang, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten. Lebih jelasnya ada di belakang Tangerang City Mall. Bagi kalian yang penasaran dengan kuliner khas Tangerang ini bisa langsung datang aja ke Taman Wisata Kuliner Laksa Tangerang.

Baca Juga :   Babi Guling Bu Candra

Penulis: Nikko Dzulfikar Haryadi

Facebook: Nikko Dzulfikar Haryadi

Instagram: dzulfikar_h

E-mail: [email protected]