fbpx
Home Tempat Makan Istana Wedang

Istana Wedang

0
73
Istana Wedang
Istana Wedang

Selepas dari Kota Kudus, perjalanan tim wisatakuliner.com menuju kota Semarang diwarnai dengan hujan yang tak kunjung reda. Di bawah guyuran hujan yang terkadang cukup lebat dan hujan rintik secara bergantian, kami pun memutuskan untuk menikmati wedang di Istana wedang. Rencananya kami mau pergi ke tempat pusatnya, yaitu yang ada di Jalan Pemuda. Tapi lalu lintas kota Semarang cukup padat dan disertai hujan, akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke Rumah Makan Istana Wedang yang berada di Jalan D.I. Panjaitan 21, Semarang. Kami tiba dilokasi sekitar jam setengah 2 siang, udaranya cukup dingin disertai hujan rintik.

Rumah makan Istana Wedang yang satu ini cukup luas, kita bisa memilih yang di luar atau di dalam. Kalau di dalam, ada yang menggunakan kursi biasa atau duduk santai di sofa yang lebih nyaman bila ingin berlama-lama di rumah makan ini. Dindingnya dihiasi dengan foto-foto menu yang tersedia di rumah makan ini, ada beberapa jenis wedang dan juga makanan tradisional maupun yang modern.

Meskipun Istana Wedang merupakan sebuah rumah makan, tapi yang membuat para pengunjung selalu kembali singgah ke tempat ini justru wedangnya. Sesuai dengan namanya, Istana Wedang menyediakan beberapa jenis wedang, wedang ronde, ronde sekoteng, wedang lengkeng yanghun, wedang kacang hijau dan wedang kacang tanah. Kami memesan semua jenis wedangnya kecuali wedang kacang hijau, pasalnya jenis wedang yang ada di pusatnya lebih banyak. Selain wedang, tersedia juga aneka minuman lainnya, seperti es teller, es krim cendol, es istana, es kianju, es lechy, es fosko dan juga es tape ketan hijau.

Meski terkenal dengan wedangnya, Istana Wedang juga tidak meninggalkan konsepnya sebagai rumah makan. Mulai dari menu tradisional hingga menu yang diadaptasi dari barat tersedia di sini, ada bakmi goreng/ kuah, nasi opor, nasi goreng istana, nasi langgi, nasi goreng babat, tahu telur, nasi goreng pete, lontong opor, nasi goreng ayam udang, babat gongso, lontong cap gomeh, cap cay kuah/ goreng, galantine, bistik ayam dan bistik sapi. Sedangkan harga yang dibandrol juga tidak terlalu mahal, mulai dari 14ribuan hingga 22ribuan untuk setiap jenis menu yang tersedia.

Banner 02

Tak lama kemudian pesanan sudah tersaji di atas meja, masing-masing dari kami langsung mengambil sesuai dengan pesanan. Saat cuaca dingin seperti ini memang waktu yang pas untuk menikmati wedang yang hangat. Kebetulan kali ini Saya memesan wedang kacang tanah, kacang lembut dan cukup manis, tapi rasa jahenya tidak terlalu kuat. Menurut komentar salah satu anggota tim yang memesan wedang ronde, rondenya cukup lembut dengan rasa jahenya yang juga cukup pas. Selain menikmati wedangnya, kami juga memesan galantine, rasanya tidak mengecewakan, dagingnya cukup lembut dan sausnya juga pas.

Rumah Makan Istana Wedang cukup nyaman untuk bersantai bersama sahabat maupun keluarga. Istana Wedang sudah berdiri sejak tahun 1979-an di Jalan Pemuda sebagai pusatnya. Sedangkan sekarang ini sudah memiliki beberapa cabang, mulai dari sini (jalan Panjaitan), java Mall dan juga DP Mall. Biasanya Istana Wedang yang ada di Jalan D.I. Panjaitan ini mulai melayani pengunjungnya mulai dari jam 9 pagi sampai jam 12 malam setiap hari. Kalau untuk masalah harga, tidak jauh berbeda dengan yang ada di pusat maupun di cabang yang lainnya, rata-rata wedangnya dibandrol 9ribuan.

Alamat Lengkap di Google Maps