fbpx
Home Tempat Makan Berburu Ayam Betutu di Pasar Senggol Gianyar

Berburu Ayam Betutu di Pasar Senggol Gianyar

Kota Gianyar mungkin merupakan asal muasal kuliner babi guling, namun tak hanya itu, kuliner ayam betutu juga sudah dapat ditemukan dengan mudah. Kuliner ayam betutu ini juga cukup menjamur di area pasar senggol dan pasar umum Gianyar. Salah satu warung yang menjadi rekomendasi kuliner wajib dicoba adalah warung Sak Ade yang berada di area pasar senggol Gianyar.

Warung Sak Ade memiliki 2 lokasi yang berbeda di area pasar senggol ini, yang satu berada di sebuah ruko dan buka mulai jam 7 pagi hingga sekitar jam 3 sore. Sedangkan warung yang satunya lagi berupa gerobak bongkar pasang yang berjejer bersama gerobak penjaja makanan yang lain di depan area pasar senggol, warung yang tanpa papan identitas ini mulai melayani pelanggannya mulai jam setengah 3 sore hingga jam 11 malam. Agak binggung memang menemukan warung ini karena sama sekali tidak ada papan nama, namun perhatikan saja warung penjual ayam betutu yang paling ramai atau berpatokan dengan gerobak nomor urut 4 jika Anda dari arah indomart.

BERSPONSOR
Bnr 07 Warung Mak Jo Banner

Karena wisatakuliner.com tiba sekitar jam 4 maka diputuskan memilih makan di warung yang kedua ini. Sebuah gerobak sederhana dengan meja kursi seadanya yang ditata di depan dan disamping gerobak. Walaupun hanya seadanya tapi suasana disini cukup menyenangkan dan santai, menikmati suasana keramaian pasar dan orang-orang yang berlalu lalang.

Baca Juga :   Warung Merte Sari

Warung ini spesial menawarkan ayam betutu sebagai menu andalannya, selain itu ada juga ayam panggang, plecing kangkung dan nasi sela. Mungkin banyak orang yang belum tahu apa itu nasi sela, nasi sela adalah nasi putih yang dicampur dengan ketela. Makanan khas orang kampung, tapi rasanya engga kampungan kok. Ketelanya cukup empuk dan gurih, sehingga nasi pun menjadi terasa gurih, recommended buat dicobain bagi yang belum pernah makan. wisatakuliner.com memilih memesan menu yang berbeda, nasi ayam betutu dan nasi ayam panggang. Karena belum pas jam makan maka dengan segera pesanan pun tersaji, kalau pas jam-jam makan harus sabar mengantri yah.

Nasi ayam betutu tersaji dengan beberapa biji ikan asin yang digoreng tipis dan kering, sayur urap Bali dicampur dengan kacang merah yang cukup empuk, sambal matah dan sambal merah. Rasa dari ayam betutunya cukup enak dan merupakan favorit penduduk lokal Bali, sementara sayur urapnya menambah lengkap rasa ayam betutu yang dihidangkan. Untuk nasi ayam panggang juga disajikan dengan isian sama dengan ayam betutu, rasa dari ayam panggang ini juga cukup gurih, empuk dan kering secara merata. Sebetulnya ayam panggang ini tidak dimasak secara dibakar/ dipanggang tetapi dimasak secara diasap karena tidak ada daging yang gosong karena terbakar, namun orang-orang terbiasa menyebutnya sebagai ayam panggang. Rasa sambalnya jangan ditanya lagi, saat dimakan bersama lauk pauk tidak terasa pedas sehingga sambal yang sudah tersaji pun langsung habis dilahap, tapi begitu selesai makan rasa pedasnya baru sangat terasa. Nyolot abis deh pedasnya, tapi unik juga sih rasanya bikin tertantang buat mencoba lagi. Di sini juga menyediakan menu pelengkap yang lain seperti telur dadar, bakwan jagung, perkedel, sosis, plecing kangkung dan lain-lain.

Baca Juga :   Bakso Buka Baju Spesialis Bakso Keju Yang Bikin Meleleh

(Sika, September 2011)
Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

BERSPONSOR

Alamat Lengkap di Google Maps

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here