Pesona Tari Kecak yang Mendunia

tari kecak

Pernah dengar kan tari kecak?? Biasanya wisatawan lokal ataupun mancanegara banyak yang penasaran dan ingin melihat langsung pertunjukan salah satu tarian yang memang populer  sampai di luar negeri asalnya ini. Hmm… memang seperti apa sih tarian yang satu ini? Yuk simak!

tari kecak 01

Tari kecak biasa disebut tari Cak atau Api (Fire Dance) merupakan tari pertunjukan masal atau hiburan dan cenderung sebagai sendratari yaitu seni drama dan tari karena seluruhnya menggambarkan seni peran dari Lakon Pewayangan seperti Rama Sita dan tidak secara khusus digunakan dalam ritual agama hindu seperti pemujaan, odalan dan upacara lainnya. Tarian ini tergolong sakral, karena banyak penari yang tidak sadar saat berada di atas panggung. Namun sebelum tarian dimulai ada seorang pemangku (pendeta Hindu) yang memimpin doa dan persembahyangan demi keselamatan bersama.

Tarian ini dimainkan sebanyak 50 orang hingga 150 orang penari.  Tarian ini mengambil tema cerita Ramayana dan beberapa tokoh pewayangan yang terkenal seperti Rama pemuda tampan yang baik hati, Sinta wanita cantik yang berhati suci, Hanoman si manusia kera dan Rahwana yang berperan jahat. Selain tema Ramayana, tema yang sering diambil adalah tema kecak Subali & Sugriwa dan kecak Dewa Ruci.

tari kecak 02

Nah.. keunikan dari tari yang satu ini adalah alat yang dimainkan. Kalau tari yang lainnya biasanya menggunakan gamelan sebagai musik pengiring tetapi dalam pementasan tari kecak ini hanya memadukan seni dari suara – suara mulut atau teriakan – teriakan seperti “ cak cak ke cak cak ke” sehingga tari ini disebut tari kecak.

(Reni, Juli 2015)

Foto: Dari berbagai sumber