10 Tips Persiapan Liburan ke Bali

Berlibur pastinya menjadi salah satu cara ampuh yang bisa kalian lakukan untuk mengurangi stres dan mengatasi penat setelah berlama-lama menghabiskan rutinitas di kantor, sekolah ataupun kampus. Karena tak hanya gadget saja yang butuh di-charge, tubuh dan mental kalian pun perlu diisi ulang juga, maka berlibur menjadi pilihan yang pas, apalagi kalau kalian sudah memtuskan berlibur ke Bali, primadona dan sekaligus labolatorium wisata dunia ini punya berbagai tempat wisata yang akan memberikan pengalaman berlibur yang berkesan lho!

Siapa tau selain berlibur kalian akan menemukan jodoh kalian seperti yang dialami Elizabeth Gilbert di film Eat, Pray, and Love yang akhirnya menemukan soulmate sejatinya di Ubud. (hehe)

Makanya yuk intipin 10 hal yang perlu kalian persiapkan dan lakukan sebelum berangkat ke pulau yang satu ini:

1. Putuskan Kapan Waktu yang Baik untuk Kalian Berlibur, Jangan Lupa Tandai Kalender Kalian

(Sumber: http://arifinbp.my.id/)

Jika kalian termasuk karyawan rajin yang selalu mengingat tanggal merah dan hari libur nasional mulai dari sekarang pintar-pintarlah memanfaatkan hari libur yang pendek itu agar rencana liburanmu tetap bisa berjalan sesuai dengan harapan.

2. Tentukan dengan Siapa Kalian akan Pergi Berlibur

(Sumber: http://mikelvera.blogspot.co.id)

Berlibur bersama dengan teman-teman pasti sangat menyenangkan apalagi dengan keluarga atau berdua dengan pasangan, karena sepanjang liburan kalian tidak kesepian dan punya teman ngobrol. Pilihlah orang yang tepat, yang cocok dengan tema liburan kalian selama di Bali.

3. Buatlah List Tempat Wisata yang Akan Kalian Kunjungi, Supaya Waktu Berlibur Kalian Jadi Lebih Efektif dan Menyenangkan

(Sumber:http://namastra.co.id)

Buatlah  list tempat wisata yang sesuai dengan prioritas dan kriteria liburan kalian, seperti objek wisata terkenal di bali, objek wisata pantai di bali, objek wisata yang bukan pantai di Bali, objek wisata petualangan di Bali. Dengan adanya prioritas dan kriteria ini kalian akan lebih mudah memutuskan pergi ke tempat wisata yang mana selama liburan di Bali.

4. Menemukan Penginapan yang aman dan nyaman

(Sumber: http://villa4rent.co.id)

Setelah menentukan tujuan pertama kalian selama di Bali, kalian bisa mencari penginapan villa, guest house atau kost harian di sekitar lokasi. Apalagi sekarang sudah banyak media online yang bisa memberi informasi tentang penginapan. Misalnya  kost harian dan guest house yang bisa kalian temukan di rumahkostbali.com, sedangkan untuk info penginapan villa bisa kalian temukan di villa4rent.co.id. Website ini berisi informasi penginapan yang lengkap yang langsung menghubungkan kalian dengan pemiliknya.

5. Siapkan Pakaian dan Peralatan yang Ingin Kalian Bawa

(Sumber: https://www.kth.se/)

Perhatikan pakaian dan barang yang akan kalian bawa, pilihlah yang memang diperlukan biar tidak membebani kalian selama liburan. Karena sejatinya definisi liburan itu adalah menyenangkan bukannya melelahkan.

6. Putuskan Dimana Tempat Kuliner yang Akan Meredakan Rasa Lapar Kalian Selama Berlibur

(Sumber: https://www.wisatakuliner.com)

Selain makanan lokal Bali, makanan Indonesia dan mancanegara bisa kalian temui selama berlibur di pulau Dewata ini, tetapi tetap harus berhati-hati dan lebih selektif lagi ya, karena sebagian besar makanan di Bali menggunakan olahan daging babi.

7. Pelajari Adat Bali yang Berbeda dari Daerah Lainnya di Indonesia

Sumber: (http://ubudnowandthen.com)

Selama kalian berlibur ke Bali jika menemukan iringan orang yang mengenakan pakaian adat dan membawa sesajian, hal ini umum bisa ditemui di Bali. Kalian bisa menghormati salah satu tradisi Bali ini  dengan tidak membunyikan klakson atau menerobos iringan sebelum diperbolehkan. Menariknya iringan ini bisa jadi pesona Bali yang bisa diabadikan ke dalam kamera kalian lho!

8. Pastikan Selalu Membawa Tanda Pengenal Kemanapun Kalian Pergi 

(Sumber: http://harianhaluan.com)

Tanda pengenal ini menjadi sangat diperlukan untuk kelengkapan  registrasi check-in hotel atau penginapan, sewa transportasi, dan bisa menyelamatkan kalian dari razia kendaraan di dalam perjalanan.

9. Pastikan Cuaca Dalam Keadaan Bersahabat

(Sumber: http://kaltim.prokal.co)

Ketika ingin berlibur cobalah untuk memeriksa kondisi cuaca daerah yang akan kalian jajaki selama di Bali. Hindari cuaca tidak bersahabat seperti musim hujan, angin kencang, carilah di waktu cuaca sedang cerah-cerahnya.

10. Siapkan Uang Tunai di Dalam Dompetmu

(Sumber: https://m.tempo.co)

Tidak semua tempat di Bali bisa kalian bayar dengan hanya menyodorkan kartu ATM atau kartu pembayaran lainnya, karena itu siapkanlah uang tunai yang bisa kalian pakai untuk membayar.

Nah, kalau 10 to do list ini sudah kalian lakukan, selanjutnya kalian sudah siap untuk berlibur ke Bali, semoga mendapat pengalaman yang berkesan dan menyenangkan ya! Matur Suksma (Terimakasih)

(Novita, September 2017)