Bali merupakan gudang dari sejuta tempat wisata. Hal tersebut membuat para wisatawan tidak pernah bosan-bosan datang ke Bali. Harga tiket masuk di tempat wisatanya juga tergolong relatif murah. Hingga saat kini tempat wisata yang tersohor di Bali sampai ke mancanegara adalah pantai kuta, Pura Ulun Danu Beratan, Pura Besakih, Tanah Lot, pasar seni Sukawati, pasar Ubud, dan Kintamani.

Padahal tempat wisata di Bali masih sangat banyak. Bahkan belum banyak dijamah oleh pengunjung. Apabila kamu mengunjungi tempat wisata ini, yakin pikiran yang mumet akan terasa segar kembali. Pemandangan sekitar yang sangat asri membuat pikiran menjadi relaks.

Yuk, susun agenda liburan akhir tahun kamu untuk mengunjungi tempat-tempat ini. Masih memikirkan harga tiket masuk? Tenang saja. Harga tiket masuknya gak bikin kantor kering kok. Penasaran tempat wisata apa saja yang bikin pengin berlama-lama diam di sana? Yuk lihat ulasan berikut ini.

Air terjun Jembong

http://www.kintamani.id

Air terjun Jembong terletak di Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Jaraknya sekitar 15 km dari kawasan Wisata Bedugul atau 65 km dari Denpasar. Untuk mencapai Air Terjun Jembong, kamu tidak perlu bersusah payah naik turun anak tangga.

Hanya sedikit jalan kaki dari tempat parkir melalui jalan setapak berbatu, yang ditemani dengan pohon-pohon berjejer di pinggir sungai kecil. Dengan berjalan kaki sekitar 100 m dari tempat parkir, pengunjung akan disuguhkan pemandangan hijau dan asri yang terlihat, serta aliran dan guyuran air terjun yang muncul dari balik bebatuan.

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap. Terdapat toilet untuk berganti pakaian, kolam renang, kolam selfie, dan penataan taman yang sangat apik rapi. Tiket masuknya Rp 5 ribuan, kamu bisa menikmati indahnya Air Terjun Jembong sepuasnya.

Pantai Atuh

kintamani.id

Pantai Atuh adalah satu spot wisata yang paling populer di Nusa Penida, Klungkung. Pantai Atuh dipercantik dengan keberadaan batu-batu yang terpisah-pisah layaknya pulau-pulau kecil. Keindahan Pantai Atuh ini tidak kalah dari Raja Ampat. Hamparan pasir putih dan birunya air laut Sangat memanjakan mata.

Pada saat air sedang surut, kamu bisa melihat keindahan batu karang dan biota lautnya. Pesonanya bagaikan magnet yang menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara. Sambil menikmati keindahan pantainya, tempat ini sangat cocok untuk berfoto-foto ria.

Harga tiket masuk ke Pantai Atuh cukup terjangkau hanya Rp 5 ribu/ orang. Oleh karena letak Pantai Atuh di seberang pulau Bali, jadi hanya bisa dijangkau menggunakan boat atau kapal roro. Biaya penyeberangan menggunakan boat sekitar Rp 75 ribu per orang sekali pergi.

Tidak usah khawatir. Bayar boat Rp 75 ribu, kamu bisa mengunjungi tempat wisata lainnya di Nusa Penida. Seperti Angel Bilabong, Cristal Bay, Pasih Andus, Bukit Teletubbies, dan sebagainya.

Hidden Canyon

https://www.justgola.com

Keberadaan media sosial membuat berbagai tempat menarik yang tersembunyi di Bali kini sudah tidak lagi sembunyi. Tempat yang dulunya tidak terjamah, satu per satu mulai ramai dikunjungi wisatawan. Termasuk Hidden Canyon ini.

Hiden Canyon menawarkan kecantikan tebing-tebing batu yang terkikis oleh aliran air. Tempat wisata ini terletak di area Sungai Beji yang lokasinya dekat Pura Dalem Guwang, Sukawati, Gianyar. Karena masih berada di kawasan tempat suci, bagi wisatawan yang datang sebaiknya menjaga sopan santun dan perilaku selama berada di sini.

Turis asing atau lokal sama-sama hanya membayar Rp 15 ribu per orang untuk membeli tiket masuk. Untuk menjaga perjalanan kamu, sangat disarankan memanfaatkan guide lokal dengan memberikan tips sekitar Rp 50 ribu untuk sekali trip.

Air Terjun Sekumpul

http://www.yukpiknik.com

Bali utara memiliki topografi yang berbukit-bukit sehingga terdapat belasan air terjun. Satu air terjun yang menarik perhatian wisatawan adalah air terjun Sekumpul. Air Terjun Sekumpul berada di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng.

Berjarak sekitar 76 km dari Denpasar atau 20 km dari kota Singaraja. Dengan menempuh waktu kurang lebih satu jam dari kota Singaraja, kamu dapat menikmati keindahan air terjun Sekumpul. Perjuangan untuk mencari air terjun sekumpul lumayan berat.

Kamu harus menuruni ratusan anak tangga, jalan yang curam serta licin. Namun semuanya dibayar dengan deburan air terjun yang begitu syahdu dan mendamaikan pikiran. Apalagi rindangnya pepohonan di sekitar, membuat udara semakin sejuk dan terasa berat kaki untuk meninggalkan tempat ini.

Harga tiket masuk air terjun sekumpul juga cukup murah. Dikenakan tiket sekitar Rp 15 ribu, dan tiket tambahan Rp 10 ribu dari Desa Lemukih jika sekaligus mengunjungi Air Terjun Brombong. Sementara jika wisatawan masuk ke air terjun lewat Desa Lemukih, maka akan dikenakan Rp 20 ribu.

Air Terjun Banyumala

mday.info

Selain air terjun Sekumpul, air terjun Banyumala juga terletak di kabupaten Buleleng. Air terjun Banyumala menyuguhkan keindahan yang menawan dan layak untuk dijadikan sebagai tempat yang wajib dikunjungi. Kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10 ribu.

Air terjun Banyumala berlokasi di desa Wanagiri, Kec Sukasada, Kabupaten Buleleng. Letaknya cukup jauh dari pusat kota Denpasar. Tetapi kamu tidak perlu khawatir. Karena sepanjang jalan dari Denpasar menuju air terjun ini melintasi beberapa destinasi wisata menarik lain yang bisa dikunjungi.

Sehingga perjalanan panjang kamu tidak akan membosankan. Tempat wisata yang dilalui yaitu Pura Taman Ayun, pusat oleh-oleh khas Bali, kebun raya Bedugul, Pura Ulun Danu Beratan, danau kembar Buyan dan Tamblingan, serta kawasan puncak yang ramai dipadati dengan ratusan kera.

Pasih Uwug

http://petercfrank.blogspot.co.id

Nusa Penida di Klungkung tidak habis-habisnya menjadi tempat wisata menarik. Masih belum banyak di jamah oleh wisatawan. Tempat wisata di Nusa Penida ibaratkan surga tersembunyi di pulau kecil yang masih termasuk dalam provinsi Bali.

Pasih Uwug dalam bahasa Indonesia artinya pantai yang rusak.Eits,jangan salah sangka dulu. Walaupun namanya cukup aneh, tetapi keindahan di pantai ini sangat pantas diacungi jempol. Terdapat tebing yang memiliki lubang raksasa menjadi ciri khas dari Pasih Uwug.

Kejernihan air laut yang membiru serta batu-batu tebing sangatrecommendedsebagai latar untuk berfoto. Harga tiket masuk Pasih Uwug sekitar Rp 5 ribu – Rp 10 ribu untuk 1 motor.

Jatiluwih

http://www.bejitour.com

Kabupaten Tabanan terkenal sebagai lumbung berasnya pulau Bali. Sehingga tidak mengherankan jumlah lahan persawahannya sangat luas. Uniknya di kawasan Jatiluwih ini, areal persawahan tersusun rapi membentuk sebuah sawah bertingkat.

Harga tiket masuknya sekitar Rp 10 ribuan. Desa Jatiluwih telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia (WBD) sejak 29 Juni 2012. Karena mempunyai keunikan dan ciri khas pada sistem pertaniannya yaitu menggunakan konsep filosofi Tri Hita Karana (Filosofi tentang keseimbangan antara manusia dengan sesamanya, manusia dengan alam, serta manusia dengan Sang Pencipta).

Nah, tunggu apa lagi. Buruan ambil kalender dan agendakan waktu liburan kalian ke Bali. Selamat menikmati tempat wisata menarik lainnya.

Bagi kamu yang berlibur di Bali, ada tempat wisata tanpa tiket masuk lho. Hanya cuma kena tarif parkir saja, Seperti pantai Candidasa, Sanur, pantai Bingin, pantai Sindhu, Lovina dan masih banyak pantai lainnya.

(sumber:https://www.idntimes.com)

1Review 7 Tempat Eksotis di Bali Murah yang Bikin Kamu Gak Mau Pulang.

Your email address will not be published. Required fields are marked *