Green Bowl (Ungasan)

Mencari keindahan pantai di Pulau rasanya tidak pernah akan ada habisnya, baik pantai berpasir putih atau pantai dengan pasir hitamnya. Semua pantainya memiliki keindahan alam serta kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk kondisi tertentu. Dan setiap kekurangan selalu bisa tertutupi dengan kelebihan yang dimiliki pantai itu sendiri. Seperti halnya dengan Green Bowl Beach yang ada di kawasan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Mungkin nama Green Bowl Beach masih terlalu asing bagi sebagian besar para wisatawan, karena pada kenyataannya Bali memang dikenal dengan pantai Kuta, Sanur, Dream Land, Tanah Lot dan beberapa pantai lain yang sudah banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sedangkan pantai ini sendiri memiliki cukup banyak sebutan di kalangan wisatawan, ada yang menyebutnya dengan Pantai Bali Cliff, Hidden Beach dan juga Green Bowl Beach. Disebut dengan nama Green Bowl karena saat pantai ini surut maka karang-karangnya membentuk seperti mangkuk hijau jika dilihat dari atas bukit. Sedangkan sebutan Bali Cliff didapat karena dulu ada sebuah hotel mewah bernama Hotel Bali Cliff yang berada tepat di atas tebing pantai ini, sayangnya hotel ini sudah tidak beroperasi lagi sekarang. Sementara nama Hidden Beach menggambarkan lokasi pantai ini yang tersembunyi di balik tebing yang tinggi. Namun dari semua nama tersebut, nama Green Bowl Beach merupakan nama pantai ini secara lebih pasti. Dibeberapa paket wisata maupun guide books, mungkin kita tidak akan menemukan nama Green Bowl Beach. Namun tak perlu khawatir kalau ingin menikmati keindahan Green Bowl Beach ketika sedang berada di Pulau Bali, karena untuk mencari lokasinya cukup mudah. Kalau dari Kota Denpasar/ Kuta, ambil saja arah menuju GWK-Pura Uluwatu. Setelah dari GWK (±1 km) kita akan menjumpai perempatan dengan sebuah patung di tengahnya dan di sebelah kanannya ada Supermarket Nirmala, belokkan kendaraan ke kiri. Ikuti terus jalan tersebut (±2 km) sampai nanti ada sebuah tikungan yang rindang ke arah kanan, akan ada beberapa ekor monyet yang sedang berkeliaranan di sisi jalan. Dan kita pun sudah sampai di area parkir Green Bowl Beach yang di sebelah kirinya terdapat sebuah pura.

Ketika tim wisatakuliner.com sampai di area parkir, jam menunjukkan pukul ±16.15 WITA, keadaannya cukup sepi. Hanya terlihat seorang penjaga pintu masuk, beberapa anak muda yang duduk di sekitar area parkir dan sebuah warung yang kelihatannya sudah tutup. Untuk mencapai bibir pantai, kita harus menuruni ratusan anak tangga yang ada disebelah pura. Jalannya cukup curam dan rindang, karena dikelilingi oleh pepohonan di sebelah kanan dan kiri. Dari atas tebing sudah terlihat keindahan pantai yang mempesona, airnya biru dengan deburan ombak yang cukup kencang. Dan setelah sampai di bawah, pantainya memang benar-benar sangat indah, pasirnya begitu bersih dan bening. Melihat airnya yang sangat jernih, tanpa menunggu lama Saya pun langsung menginjakkan kaki ke dalam air. Airnya benar-benar dingin menyegarkan, rasanya ingin berlama-lama berada di dalam air. Ditambah lagi cuacanya yang begitu cerah dan gumpalan-gumpalan awan yang menghiasi langit, semakin menambah  keindahan pantai.

Kebetulan ketika tim wisatakuliner.com tiba, lautnya sedang surut jadi karang-karang yang terdapat di tepi pantai terlihat begitu jelas. Dan kami masih bisa menjumpai beberapa hewan kecil yang hidup diantara karang-karang tersebut, seperti undur-undur laut, bintang laut, kepiting, bulu babi dan beberapa jenis hewan kecil yang lainnya. Selain itu, di dinding tebing juga terdapat beberapa gua yang dihuni oleh ribuan ekor kelelawar. Sehingga tak heran kalau sedang berada di pantai, kita akan mendengar suaranya dengan cukup jelas. Suasana pantai begitu tenang dan damai, karena memang pantainya cukup luas dan tidak terlalu banyak pengunjungnya. Dan tentu saja, kita tidak akan merasa terganggu oleh ulah para pedagang souvenir yang suka mengikuti pergerakan kita, seperti yang terdapat di beberapa pantai terkenal di Pulau Bali.

Pantai ini sangat cocok bagi siapa saja yang menginginkan keindahan pantai dengan suasana tenang dan damai. Selain itu, bagi mereka yang hobi surfing juga bisa menyalurkan hobinya di pantai ini, karena ombaknya cukup besar. Kalau para pengunjung ingin datang ke Green Bowl Beach untuk waktu yang cukup lama, sebaiknya membawa perbekalan sendiri, karena hanya ada sebuah warung kecil yang buka hanya pada siang hari. Setelah puas menikmati suasana pantai dan keindahan sunset, kami pun segera meninggalkan bibir pantai. Karena anak tangga yang harus kami lewati cukup banyak, Saya pun sangat penasaran ingin mengetahui jumlahnya. Mulai dari anak tangga yang paling bawah, sambil menaiki anak tangga Saya pun mulai menghitungnya. Sempat juga berhenti di tengah jalan beberapa kali, setelah mencapai anak tangga yang terakhir rasanya lega banget dan juga capek. Ternyata ±450 anak tangga pun terlewati dengan sisa tenaga dan nafas yang cukup berat. Mungkin memang benar, kalau sesuatu yang indah itu butuh perjuangan dan pengorbanan.

(Lila, Oktober 2011)
Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Harga Ticket

menu utama