Pusat Oleh-oleh Nusa Indah

Berkunjung dan menjelajah pulau Madura kurang afdol jika tidak menyempatkan mampir untuk membeli buah tangan yang merupakan khas pulau ini. Di sepanjang jalan memang mudah ditemukan papan tulisan yang menawarkan toko yang menjual batik tulis asli Madura, tapi jika ingin menemukan tempat yang tidak hanya menjual batik tulis saja, Anda bisa langsung menuju ke toko pusat oleh-oleh Nusa Indah yang berada di jalan KH. Moh. Kholil no. 105 Bangkalan, Madura. Lokasinya berada di sebelah kiri jalan jika Anda menuju ke pasar Senen dari arah bebek Sinjay, tidak terlalu sulit untik ditemukan karena di depan tokonya selalu rame oleh wisatawan yang sedang membeli oleh-oleh.

Masuk ke dalam toko Anda akan disuguhi pemandangan aneka pilihan model batik tulis khas Madura, dari yang berbentuk selendang, kemeja, daster, pakaian wanita hingga pakaian anak. Untuk harganya juga cukup variatif tergantung dari corak dan tingkat kerumitan motif batiknya. Namun si pemilik toko menjamin bahwa batik yang tersedia di tokonya lebih beraneka ragam dan harga lebih murah dibandingkan tempat lainnya. Diantara deretan batik-batik yang terpajang terlihat foto beberapa artis ibukota yang pernah berbelanja di tempat ini sedang berpose bersama si pemilik toko, berarti tak perlu diragukan lagi kalau Nusa Indah merupakan salah satu pusat oleh-oleh yang cukup direkomendasikan di pulau Madura ini.

Masuk lebih dalam lagi ke toko Anda akan menemukan aneka makanan dan camilan khas Madura dan beberapa kota di sekitarnya yang terpajang rapi di rak-rak besi. Walaupun desain tokonya masih cukup tradisional, namun tetap memudahkan pengunjung untuk menemukan makanan atau barang yang mereka cari. Di setiap rak terdapat kertas yang menuliskan nama barang dan harganya, jadi pengunjung tidak akan kesulitan mengetahui nama dan harga barang.

Salah satu oleh-oleh makanan khas Madura adalah Lorjuk, mungin banyak dari Anda yang belum mengetahui apa sih lorjuk itu? Lorjuk adalah sejenis binatang laut yang masih termasuk dalam keluarga kerang-kerangan, bentuknya cukup kecil jika dibandingkan dengan kerang yang biasa kita konsumsi. Rasa dari lorjuk yang telah digoreng kering gurih-gurih asin walaupun ada sedikit rasa amisnya namun tetap lezat, bahkan ada sebagian orang yang suka mengkonsumsinya dengan nasi hangat plus sambal. Karena bentuknya yang cukup kecil dan tingkat kesulitannya inilah yang membuat harganya relatif mahal untuk per kemasannya. Untuk menyiasatinya maka pedagang kreatif mengolah lorjuk menjadi campuran dalam rengginang dan kacang, sehingga rasa dari rengginang lorjuk dan kacang lorjuk menjadi lebih gurih dan enak.

Selain lorjuk, disini juga terdapat aneka olahan laut lainnya seperti petis, ikan asin, teripang, keripik ikan dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan di belakang meja kasir juga terdapat etalase kaca yang menampilkan aneka jamu asli Madura, Madura memang terkenal dengan ramuan jamunya yang kata orang cukup berkhasiat. Ada yang penasaran buat mencoba ramuan Madura?

Produk

Batik tulis & Lorjuk

Photo Galleries