Asinan Ny. Yeni

Berada di Kota Bogor kurang lengkap kalau tidak mencicipi asinannya yang sudah menjadi salah satu ikon kuliner Bogor. Ada cukup banyak penjual asinan yang bisa kita temui di Kota Bogor, salah satu penjual asinan yang menjadi tujuan para pengunjung yaitu Asinan Ny. Yeni. Dengan menempati sebuah bangunan di Jl. Binamarga seberang Terminal Baranangsiang, membuatnya tidak terlalu sulit untuk ditemukan.

Asinan sendiri merupakan aneka sayuran dan buah segar yang disajikan dengan kuah cuka yang menyegarkan. Ada dua jenis asinan yang bisa kita nikmati, ada asinan sayur yang biasanya terdiri dari irisan kol, wortel, taoge, sawi asin dan tahu. Kemudian disiram kuah asinan yang asam dan pedas, tak lupa bumbu kacang dan kerupuk mie berwarna kuning yang renyah. Rasanya menyegarkan, dan semakin nikmat kalau dinikmati dalam keadaan dingin.

Dan yang satunya lagi asinan buah yang tidak kalah menarik, seporsi asinan buah terdiri dari potongan berbagai jenis buah seperti kedondong, bengkoang, mentimun, jambu air, pepaya, nanas, pala dan mangga. Dalam penyajiannya disiram juga menggunakan kuah merah yang asam dan pedas serta ditambahkan kacang tanah dan kerupuk mie berwarna kuning. Biasanya kerupuknya diremahkan terlebih dahulu, sehingga bisa menyatu dengan kuahnya. Perpaduan rasa asam, manis, pedas tapi menyegarkan selalu membuat kangen kalau sudah lama tidak menikmatinya.

Untuk dapat menikmati asinan ini kita harus mengeluarkan kocek sekitar 17ribu rupiah, terlalu mahal? Memang benar sih kalau dibandingkan dengan Asinan Bogor pada umumnya. Akan tetapi, untuk kombinasi rasa bumbu kuahnya memang juara, perpaduan asam, pedas dan manisnya pas banget. Kalau untuk pembelian take–away, biasanya sayur atau buah-buahannya dikemas ketika kita memesannya. Sedangkan untuk bumbu, kerupuk dan kacangnya sudah dikemas terlebih dahulu untuk mempercepat pelayannya. Dan asinan ini akan terasa lebih nikmat kalau dimakan dala keadaan dingin. Biasanya gerai Asinan Ny. Yeni mulai melayani para pembeli dari jam 9 pagi sampai jam 8 malam pada hari Selasa sampai Minggu. Sedangkan untuk hari Senin hanya sampai jam 5 sore.

Agustus 2012
Sumber foto : banyumurti.net, asinanyenny.weeby.com, foursquare.com (vera R, Julius A)

Produk

Asinan Buah dan Sayur

Photo Galleries