Soto Sapi Pak Kumis Pasar Kreneng, Denpasar

Pasar Kreneng merupakan salah satu pasar di Bali selain pasar Badung yang buka 24jam, biasanya dari malam hingga siang hari yang dijajakan disini adalah sayur mayur, namun begitu sore hari hingga malam yang banyak dijual disini adalah makanan dan pakaian. Pasar ini selalu ramai oleh pengunjung yang kebanyakan orang lokal Bali, apalagi saat malam minggu banyak pasangan muda mudi maupun keluarga yang jalan-jalan disini. Yang Saya suka saat mampir ke pasar Kreneng adalah sekalian mampir makan di Soto Sapi Pak Kumis yang berada di depan pintu masuk pasar Kreneng, atau yang berada di seberang ruko kantor pos.

Soto Sapi Pak Kumis merupakan salah satu warung kaki lima dari sekian banyak warung-warung yang berjajar di sepanjang pagar depan pasar Kreneng. Kalau di Jogja warung ini lebih cocok disebut dengan angkringan. Menu yang ditawarkan pun mirip dengan angkringan yang ada di Jogja yaitu nasi kucing atau lebih dikenal dengan sebutan Nasi Jinggo di Bali. Nama nasi jinggo sendiri berasal dari bahasa Mandarin singkatan dari ceceng gopek yang berarti seribu lima ratus, karena memang awalnya nasi ini diual dengan harga sangat murah yaitu Rp. 1.500.

Selain nasi jinggo-nya warung ini menyediakan menu andalannya yaitu Soto Sapi dan Soto Ceker, tinggal dipilih mana yang sesuai selera. Saya biasa memesan Nasi Soto Sapi karena Saya suka makanan yang hangat-hangat dan berkuah saat malam hari, bikin badan juga ikut hangat. Semangkuk Soto Sapi berisi potongan daging sapi, potongan sayur lobak dan bakso yang disiram kuah soto. Lebih nikmat lagi jika ditambah sambal dan perasan jeruk nipis sebelum disantap. Rasanya pedas, gurih, hangat dan segar di badan. Untuk camilannya tersedia sate telur puyuh, gorengan dan kerupuk. Jika suka dengan telur ayam kampung, di warung ini juga bisa memesan telur ayam kampung setengah matang atau ¾ matang.

Soto Sapi pak Kumis buka pada malam hari mulai jam 8 malam hingga subuh, selain asyik buat tempat makan saat malam hari tempat ini cukup nyaman juga untuk nongkrong sambil menikmati kehangatan semangkuk soto sapi dan keramaian orang yang berlalu lalang di pasar Kreneng. Harga yang ditawarkan disini juga cukup terjangkau, jadi tidak perlu binggung-binggung lagi mencari tempat nongkrong di malam hari apalagi saat malam minggu.

(Sika, Desember 2011)
Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Menu Utama

Soto Sapi / Soto Ceker + Bakso + Nasi (Rp. 16.000 / porsi)

Photo Galleries