Home Tempat Wisata Wisata Grojogan Sewu, Tawangmangu

Wisata Grojogan Sewu, Tawangmangu

5.0/5 rating (3 votes)

Tawangmangu, bagi sebagian besar warga Jawa Tengah dan sekitarnya pasti sudah cukup akrab dengan nama tersebut. Tawangmangu sendiri merupakan sebuah kecamatan kecil yang berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang dikenal sebagai obyek wisata pegunungan di lereng barat Gunung Lawu. Obyek wisata yang satu ini sering dijadikan sebagai tujuan wisata para wisatawan lokal untuk menghabiskan akhir pekan maupun liburan panjang. Untuk sampai ke Tawangmangu bisa ditempuh sekitar 1,5 jam dari Kota Surakarta yang kini dikenal dengan nama kota Solo.

Pasalnya tempat ini sudah menjadi salah satu obyek wisata di Jawa Tengah sejak masa kolonial Belanda. Objek tujuan wisatanya yang utama yaitu Air Terjun Grojogan Sewu yang memiliki ketinggian ±81 meter. Curahan air terjun yang tidak berpusat pada satu titik namun menyebar ke segala penjuru semakin menambah pesonanya. Apalagi keberadaan air terjun ini di dalam hutan wisata yang dikelola oleh Lembaga Konservasi SDA (KSDA) Bogor.

Untuk sampai ke lokasi Air Terjun Grojogan Sewu, kita harus melewati ratusan anak tangga yang sudah tersusun rapi dimana hampir disetiap tikungannya dilengkapi dengan sebuah gazebo. Sehingga para pengunjung yang merasa kelelahan bisa istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke lokasi Air Terjun. Namun para pengunjung diharapkan untuk berhati-hati dalam menjaga barang bawaannya, karena di dalam hutan ini kita akan menjumpai beberapa ekor monyet yang sedang bergelantungan di pohon-pohon. Setelah sampai di lokasi air terjun, kita bisa menikmati keindahan serta udaranya yang menyejukkan. Di samping air terjun juga terdapat dua buah kolam renang, untuk orang dewasa dan anak-anak.

Selain Air Terjun Grojogan Sewu yang menjadi daya tarik utama Tawangmangu, lokasinya yang berada di areal pegunungan yang subur dikelilingi oleh hutan dan perbukitan juga menjadi salah satu alasan para wisatawan suka mengunjungi tempat ini. Tawangmangu juga dikenal sebagai penghasil sayur dan buah-buahan segara seperti sawi, wortel, lobak, strawberry dan aneka hasil bumi lainnya yang membentang dimana-mana. Dari Tawangmangu kita juga bisa mengunjungi beberapa lokasi wisata lainnya, seperti Candi Sukuh, Candi Cetho atau Puncak Lawu.

 

Juli 2012

Sumber : Wikipedia.org, wisatamelayu.co.id

Sumber foto : rokikopai.blogspot.com, meja-kotak.blogspot.com, 1.bp.blogspot.com, skyscrapercity.com, wijanarko.net

Specifications

  • Tiket Masuk: Lokal (Rp. 6.000/orang) & Turis Mancanegara (Rp. 19.000/orang)
  • Jam Buka: 08.00 – 17.00
  • Alamat Lokasi: kecamatan tawangmangu, kabupaten karanganyar di kaki gunung lawu.

Peta

Share this product

banner pia baliku okt
joglobali


Copyright Wisata Kuliner 2011