728x90_singapore_bahasa indonesia
Home Tempat Wisata Jawa Timur Makam Bung Karno

Makam Bung Karno

3.3/5 rating (3 votes)

Rasanya tidak ada satu pun warga Indonesia yang tidak mengetahui tentang siapa Bapak Soekarno, seorang tokoh proklamator yang juga menjadi Presiden Republik Indonesia untuk yang pertama kali. Semasa hidupnya, Bapak Soekarno yang juga dikenal dengan sebutan “Bung Karno” sangat dihormati oleh semua kalangan. Mengingat segala jasa-jasanya dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia, tak heran bila hingga kini jasanya tetap dikenang oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Untuk mengenang semua jasa-jasa beliau, tak jarang ada warga dari luar kota yang sengaja datang ke Makam Bung Karno untuk berziarah. Ketika tim wisatakuliner.com berziarah ke Makam Bung Karno, kami sempat bertemu dengan peziarah yang datang dari kota Samarinda dan juga kota Irian.

Seperti yang diketahui, Makam Bung Karno berada di Kota Blitar, lebih tepatnya berada di jalan Kalasan, Kota Blitar. Kalau dari Alun-Alun Kota, lokasinya sekitar ±2 km ke arah Utara, tak jauh dari Stadion. Untuk memasuki wilayah Pemakaman, ada dua pintu masuk yang digunakan, bisa melewati pintu gerbang selatan, atau pintu gerbang sebelah utara yang langsung bertemu dengan Gapura Agung menuju Makam Bung Karno. Sebelum memasuki kompleks makam, bagi peziarah yang datang dari luar kota Blitar diharuskan mengisi buku tamu terlebih dahulu dan membayar biaya masuk sebesar ±Rp. 2.000 saja untuk setiap orang.

Kalau dari pintu gerbang selatan, sebelum menuju bangunan utama Makam Bung Karno, kita bisa menjumpai Patung Bung Karno yang sedang duduk di kursi sambil membawa sebuah buku yang ada di samping perpustakaan. Selain itu, kita juga melewati sebuah taman kecil yang di satu sisi dindingnya dihiasi dengan beberapa relief. Sedangkan di sisi baratnya, terdapat sebuah gong yang menjadi lambang perdamaian dunia. Gong tersebut bertuliskan “World Peace Gong” dengan beberapa lambang dan bendera dari seluruh Negara di dunia yang menghiasi sisi-sisi gong.

Setelah melewati Gapura Agung, barulah sampai di Bangunan Utama Makam Bung Karno yang disebut dengan nama “Cungkup Makam Bung Karno”. Cungkup Makam Bung Karno yang juga dinamakan Astono Mulyo ini, berbentuk Joglo. Di atas makam Bung Karno diberi sebuah Batu Besar yang bertuliskan “Di sini dimakamkan Bung Karno Proklamator Kemerdekaan dan Presiden Pertama Republik Indonesia Penyambung Lidah Rakyat”. Makamnya berada di antara Makam Ny. Ida Aju Nyoman Rai Soekeni Sosrodihardjo dan R.Soekeni Sosrodihardjo.

Sedangkan di bagian barat bangunan makam, ada sebuah musholla dengan gaya bangunan jaman dulu. Dan di sebelah timurnya, ada sebuah bangunan kecil sebagai tempat peristirahatan yang dilengkapi dengan miniatur kompleks makam dan juga wilayah Kota Blitar. Untuk pintu keluarnya berada di sebelah utara makam, hampir 100 kios berjajar rapi disepanjang pintu keluar yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh. Mulau dari kaos, batik, hiasan dari kayu hingga makanan khas Kota Blitar. Biasanya Kompleks Pemakaman Bung Karno dibuka bagi peziarah umum mulai dari jam 8 pagi sampai sekitar jam 6 sore setiap hari.

 

(Lila, Agustus 2011)

Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Specifications

  • Tiket Masuk: Rp. 2.000/ orang
  • Jam Buka: 08.00 - 18.00
  • Alamat Lokasi: Jl. Ir. Soekarno, Blitar, Jawa Timur

Share this product

new jimbaran


Copyright Wisata Kuliner 2011