728x90_singapore_bahasa indonesia
Home Tempat Wisata Jawa Barat Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

1.0/5 rating (1 votes)

Kebun Raya Bogor merupakan kebun botani besar terletak di kota Bogor di kaki gunung Salak, yang dulu dikenal sebagai "Buitenzorg" yang berarti "bebas perawatan". Memiliki curah hujan tinggi sepanjang tahun dan iklim yang lebih dingin dibandingkan dengan kota metropolitan Jakarta. Kebun Raya Bogor yang terkenal ini berada di lahan seluas 87 hektar.

 

Kebun Raya Bogor menawarkan lebih dari 400 jenis pohon palem, 5.000 pohon yang dikumpulkan dari seluruh negara tropis, dan sebuah rumah anggrek yang mempunyai 3.000 varietas. Catatan menunjukkan bahwa Kebun Raya Bogor merupakan pelabuhan bagi 3.504 jenis tumbuhan, 1.273 genus dalam 199 keluarga.

 

Kebun raya ini hasil inisiasi dari Sir Thomas Stamford Raffles sekitar tahun 1811-1816, merupakan Gubernur Jenderal Hindia Timur selama pemerintahan Inggris di nusantara. Beliau mendatangkan tanaman dari kebun raya Gardens Kew di inggris yang ditanam dikebun ini dan Raffles pertama kali hanya membuat kebun yang berukuran kecil. Kebun raya ini kemudian resmi didirikan oleh Belanda pada tahun 1817 di bawah direktur CGC Reinwardt. Kebun ini merupakan sebuah peringatan bagi istri Raffles.

 

Pendirian Kebun Raya Bogor bisa dikatakan mengawali perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Dari sini lahir beberapa institusi ilmu pengetahuan lain, seperti Bibliotheca Bogoriensis (1842), herbarium Bogoriense (1844), Kebun Raya Cibodas (1860), Laboratorium Treub (1884), dan Museum serta Laboratorium Zoologi (1894). Pada tanggal 30 Mei 1868 Kebun Raya Bogor secara resmi terpisah pengurusannya dengan halaman Istana Bogor.

 

Pada mulanya kebun ini hanya akan digunakan sebagai kebun percobaan bagi tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan ke Hindia-Belanda (kini Indonesia). Namun pada perkembangannya juga digunakan sebagai wadah penelitian ilmuwan pada zaman itu (1880-1905).

 

Kebun Raya Bogor memiliki beberapa cabang yaitu di Jawa, Sumatera dan Bali, dan yang paling indah adalah Taman Cibodas yang terletak di dekat gunung Gede di Cipanas. Taman ini sangat sempurna sebagai tempat untuk berjalan-jalan dengan santai.Di sini, para peneliti menghasilkan kina dan kopi Jawa yang terkenal di dunia.

Salah satu daya tarik utama Kebun Raya Bogor adalah Bunga Bangkai (Amorphophalus titanum) karena saat-saat mendekati mekar akan mengeluarkan bau bangkai yang menyengat. Bunga ini dapat mencapai tinggi 2m dan merupakan bunga majemuk terbesar di dunia tumbuhan.

Selain ditumbuhi ribuan species tanaman baik dalam maupun luar negeri, Kebun Raya juga merupakan "pulau" tempat berlindung bagi beraneka burung di tengah kota yang berkembang pesat, Tercatat lebih dari 50 jenis burung ada di sini, seperi kepodang, walik kembang, kutilang, kucica, kowak, kuntul, dan cinenen kelabu. Seperti yang terlihat sore itu, puluhan kuntul berseliweran di atas pohon yang tumbuh di tengah kolam, dengan suaranya yang khas.

(Sika, April 2011)

 

Sumber : http://www.bogorbotanicgardens.org, http://www.indonesia.travel

 

Sumber foto : berbagai sumber


Specifications

  • Tiket Masuk: Rp. 10.000 / orang
  • Jam Buka: 08.00 - 17.00
  • Alamat Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No. 13 Bogor Telp.(0251) 311362.

Peta

Share this product

new jimbaran


Copyright Wisata Kuliner 2011