Home Tempat Makan Pandaan Warung Lesehan Pak Sholeh

Warung Lesehan Pak Sholeh

3.8/5 rating (4 votes)

Peta perjalan tim wisatakuliner.com kali ini ada diseputaran Surabaya-Malang. Setelah beberapa hari di Surabaya, perjalanan pun dilanjutkan ke kota Malang. Ketika melintas di daerah Pandaan, tepat pada saat jam makan siang. Warung Lesehan Pak Sholeh pun menjadi tujuan utama kami, warung ini terkenal dengan menu ayam goreng dan ikan segarnya yang digemari para pengunjung. Kebanyakan para pengunjungnya berasal dari kota Malang dan juga kota Surabaya, tak jarang mereka selalu mampir ke Warung Lesehan Pak Sholeh ketika melintasi Pandaan.

Untuk menemukan Warung Lesehan Pak Sholeh bisa dibilang susah-susah gampang, karena kita harus masuk ke sebuah desa bernama Desa Tunggulwulung, Pandaan. Jalan yang harus dilewati cukup kecil, lokasinya ±5 km dari Jalan Raya Pandaan. Namun tak perlu khawatir tersesat, karena sebagian besar orang sekitar mengetahui lokasinya. Kalau dari Pasar Pandaan di Jl. Pahlawan Sunaryo, arahkan saja kendaraan ke Timur sampai bertemu dengan Alfamart Kebon Waris yang ada di sebelah kanan jalan. Tepat di sisi Alfamart ada sebuah jalan masuk yang tidak terlalu besar yang mengarah ke Warung Lesehan Pak Sholeh, lokasinya tepat berada di sebelah kiri jalan.

Lahan parkirnya cukup luas, sedangkan untuk warungnya memang tidak terlihat terlalu besar, namun ketika sudah masuk, baru tahu kalau warungnya sangat luas. Para pengunjung yang datang secara berombongan, dijamin tidak akan kehabisan tempat. Kita bisa mengambil tempat meja kursi atau lesehan di atas gazebo-gazebo yang cukup banyak. Tempatnya begitu teduh dan nyaman, cukup untuk bersantai sejenak sambil menikmati jam makan.

Tanpa berpikir terlalu lama kami langsung memesan seekor ayam goreng , karena warung ini memang terkenal dengan ayam gorengnya. Sambil menunggu pesanan datang, Saya melihat-lihat sekitar lokasi. Ketika sampai di bagian belakang, ada sebuah kolam kecil terpisah dalam 4 kotak yang membuat Saya terdiam sejenak. Di kolam pertama airnya tenang, disana terlihat cukup jelas beberapa ekor ikan lele yang begitu tenang. Kalau menurut Saya ukurannya cukup besar, kira-kira antara 1-2 meter, ini merupakan pertama kalinya Saya melihat lele yang ukurannya sebesar itu. Dan di dalam kolam yang lainnya juga terdapat ikan lele dengan ukuran yang tak jauh berbeda.

Setelah selesai melihat-lihat lokasi, Saya pun kembali ke meja dan bergabung bersama yang lainnya. Tenyata makanan sudah tersaji di atas meja, seekor ayam yang dibuat ingkung beserta sambal, lalapan dan sebakul nasi sudah menunggu untuk disantap. Setelah mengambil nasi, kami pun mulai mengambil bagian-bagian ayam. Setelah dicocol dengan sambal, rasanya perut ini bahagia telah berhasil menyantapnya. Ayam goreng disini dimasak secara bacem terlebih dahulu sebelum digoreng sehingga bumbunya meresap hingga ketulang-tulangnya, daging ayamnya terasa manis dan tidak alot sama sekali padahal ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Ditambah dengan sambalnya yang tidak terlalu pedas, membuat santap siang kali ini terasa lebih nikmat. Setelah selesai, untuk penutupnya ada minuman beras kencur yang bisa dipilih, rasanya lebih mantap dari yang biasa apalagi kalau ditambah dengan es batu.

Setelah perut kenyang, kewajiban pun segera dijalankan. Untuk semua hidangan tersebut, kami cukup mengeluarkan kocek sebesar 50ribu rupiah saja sudah termasuk untuk minumannya. Bisa dibilang murah banget, padahal hidangan tersebut bisa dinikmati antara 4-5 orang. Selain ayam goreng, warung ini juga menyediakan gurami goreng/ bakar, pecel lele, tempe/ tahu bacem, tempe penyet, sambal terong dan juga sayur lodeh daun singkong. Kalau kita ingin menikmati ayam goreng di Warung Lesehan Pak Sholeh, kita bisa datang mulai dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam. Hingga kini, Warung Lesehan Pak Sholeh sudah memiliki cabang yang berada di Jl. Raya Karang Ploso, Malang.

 

(Lila, Oktober 2011)

Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Specifications

  • Menu Andalan: Ayam Goreng (Rp. 31.000/ ekor)
  • Jam Buka: 08.00 - 22.00
  • Alamat Lokasi: Desa Tunggulwulung, Pandaan – Pasuruan Telp. 0343-633987, 0818333279

Peta

Share this product

banner pia baliku okt
joglobali


Copyright Wisata Kuliner 2011