728x90_bali_bahasa indonesia
Home Tempat Makan Bali Syobak Khe Lok - Singaraja

Syobak Khe Lok - Singaraja

4.0/5 rating (6 votes)

Siobak merupakan salah satu kuliner khas kota Singaraja-Bali yang sudah terkenal hingga ke daerah-daerah lain di Bali. Mengunjungi kota Singaraja, sudah tentu tim wisatakuliner.com tidak akan melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner Syobak Khe Lok yang sudah ada sejak tahun 1963 dan sangat ternama di kota ini. Tepat pukul 12 siang kami tiba di warung Syobak Khe Lok, kebetulan pas jam makan siang, saatnya kita mencoba.

Warung Syobak Khe Lok berada di lantai dasar sebuah ruko yang berada di jalan Surapati Singaraja. Selain membuka warung disini, Syobak Khe Lok juga telah memiliki beberapa cabang hingga di Denpasar namun kebanyakan pelanggannya lebih tertarik untuk menikmati siobak yang diracik di warung ini. Warung ini terlihat cukup ramai oleh pengunjung baik yang memesan untuk dibawa pulang maupun untuk makan di tempat, semua meja kursi yang tersedia dipenuhi pengunjung yang sedang asik menikmati masakan yang disajikan disini. Kamipun ikut mengantri untuk memesan syobak dan untuk minumnya kami memilih es degan jeruk yang terlihat banyak dipesan oleh pengunjung.

Waktu menunggu yang lumayan lama tak kami sia-siakan begitu saja, kami asik memperhatikan dan mengambil foto salah seorang karyawan di warung ini yang sedang memotong-motong daging. Terlihat sangat cekatan dan cepat sekali dalam hal potong memotong. Daging, lemak dan jeroan dari babi yang telah matang tersebut terlihat cukup menarik dan menggoda untuk segera dinikmati.

Siobak ini memang asli masakan China namun sudah beradaptasi dengan citra rasa Bali sehingga cukup digemari oleh masyarakat Bali. Dalam seporsi siobak berisi nasi putih dengan lauk potongan daging babi, daging babi merah yang digoreng kering, jeroan dan kerupuk kulit. Semua lauk ini kemudian disiram dengan kuah kental coklat khas dari masakan siobak. Rasa dari kuah siobak ini cukup manis dan terasa sekali bumbu yang biasa dipakai dalam masakan cina yaitu ngo hyong dan tauco, dicampur dengan sedikit tepung maizena saat memasaknya mebuat kuah ini terlihat sedikit kental. Rasa dari dagingnya juga cukup gurih dan enak, tidak ada rasa siobak lain yang bisa menandinginya.

 

(Sika, September 2011)

Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Specifications

  • Menu Andalan: Syobak babi + es degan jeruk (Rp. 22.000)
  • Jam Buka: 08.00 - malam
  • Alamat Lokasi: Jl. Surapati no. 66, Kampung Tinggi - Singaraja Telp. (0362) 22760

Share this product



Copyright Wisata Kuliner 2011