728x90_bali_bahasa indonesia
Home Tempat Makan Tegal Soto Sedap Malam Pak Daan Jenggot

Soto Sedap Malam Pak Daan Jenggot

3.6/5 rating (8 votes)

Musim mudik lebaran tinggal menghitung hari. Bagi Anda yang berencana untuk mudik melalui jalur pantura, jangan lewatkan kesempatan ini berlalu begitu saja. Gunakan kesempatan ini untuk sekalian menikmati wisata kuliner di sepanjang jalur pantura ini. Ada begitu banyak kuliner yang bisa kita nikmati di kota-kota yang termasuk ke dalam jalur pantura ini. Selain rasanya yang unik, stamina dalam menempuh perjalanan yang panjang pun juga akan terjaga.

Melintasi kota Tegal, jangan lewatkan untuk menikmati soto khas Tegal yang banyak digemari hingga warga kota-kota sekitarnya. Pada saat melintasi Jalan Raya Talang, Kabupaten Tegal atau ±300 meter dari perbatasan Kota Tegal menuju Slawi, kita akan bertemu dengan sederetan warung dengan nama Soto Sedap Malam. Pasalnya, warung makan yang mengusung brand ini menyediakan menu soto khas Tegal yang membuat para pelanggannya ketagihan untuk menikmati lagi.

Dari sekian banyak Warung Sedap Malam, ternyata yang asli hanya ada dua warung saja. Yang satu memakai nama Warung Sedap Malam Daan Jenggot dan Warung Sedap Malam Kiman, dimana keduanya di sisi jalan yang sama dan hampir sebelah-menyebelah. Sedangkan pemilik warung-warung lainnya merupakan para mantan staf dapur Daan Jenggot yang kemudian membuka warungnya sendiri.

Berdasarkan informasi yang kami terima, pada awalnya usaha ini dirintis oleh Pak Daan Jenggot dengan berjualan soto di Comal (kota kecil antara Tegal-Pekalongan). Kemudian usahanya ini mulai mencapai kesuksesan setelah Beliau berpindah ke Alun-Alun Tegal hingga akhirnya mendirikan sebuah warung di Jl. Talang, pinggiran Kota Tegal hingga sekarang ini. Biasanya warung Pak Daan Jenggot ini yang paling ramai disinggahi para pelanggan.

Soto atau sauto ini tersedia dalam beberapa macam, ada soto ayam, daging, babat atau campur. Kalau Anda penasaran, ada baiknya memesan yang campur saja agar bisa merasakan kelezatan semuanya. Nasi dicampur dalam mangkuk soto dengan kuah kecokelatan yang diselimuti oleh potongan daging ayam, sapi, babat maupun jerohan. Sedangkan mangkuk yang digunakan adalah mangkuk kecil seperti yang digunakan pada soto khas Kudus. Terkadang porsinya ini juga membuat kita sedikit kebingungan, antara pesan satu atau dua. Tapi tak jarang para pelanggannya memesan satu setengah mangkuk, tapi jangan kaget kalau porsi setengah yang diminta pada aktualnya tidak jauh berbeda dengan porsi penuh.

Disamping itu, disediakan juga semangkuk rajangan daun bawang dan semangkuk kriukan. Seperti kulit ayam dan bagian-bagian lain yang digoreng hingga garing. Untuk menikmati kesempurnaan rasanya, taburkan kriukan di atas soto sebelum menyantapnya. Rasanya benar-benar nikmat, apalagi kalau ditambah dengan sambal dan sedikit kecap yang membuat rasanya semakin komplit. Dan yang lebih nikmat lagi, kita cukup mengeluarkan kocek antara 8ribu sampai 10ribu rupiah saja untuk menikmati kelezatan soto sedap malam yang benar-benar sedap ini. Pantas saja kalau dalam sehari ±1.000 porsi bisa terjual habis. Apalagi kalau musim mudik lebaran tiba, mereka bisa menghabiskan hingga 3kali lipatnya.

 

Juli 2012

Sumber foto : kompas.com, facebook.com

Specifications

  • Menu Andalan: Soto Ayam & Soto Daging (Rp.8.000 - Rp.10.000)
  • Jam Buka: 10.00 - 22.00
  • Alamat Lokasi: Jl. Talang No. 100, Tegal (Jalan menuju Slawi)

Peta

Share this product



Copyright Wisata Kuliner 2011