728x90_bali_bahasa indonesia
Home Tempat Makan Surabaya Soto Ayam Cak To Unda’an

Soto Ayam Cak To Unda’an

3.7/5 rating (3 votes)

Soto ayam yang satu ini merupakan salah satu soto ayam yang cukup legendaris di Kota Surabaya. Dengan menempati sebuah tenda bongkar pasang di emperan sebuah rumah, Soto Ayam Cak To Undaan sudah berdiri sejak tahun 1985. Dalam satu hari Cak To bisa menghabiskan kira-kira 114 ekor ayam, bayangkan berapa ratus atau ribu mangkuk soto ayam yang terjual setiap harinya. Ada dua lokasi dimana kita bisa menikmati soto ayam yang satu ini, untuk lokasi pertama dapat kita temukan di jalan Undaan Wetan, tepat di sebelah Gang Ngemplak I, Surabaya. Sedangkan untuk lokasi yang kedua bisa kita temukan di jalan Undaan Wetan 10, gang Ngemplak I/36, Surabaya. Untuk lokasi yang kedua, tempatnya tidak terlalu jauh dari lokasi pertama, hanya ±300 meter masuk ke dalam sebuah gang yang ada di sebelah kanan lokasi pertama yang ada di jalan Undaan Wetan, Surabaya.

Untuk lokasi yang pertama, biasanya dibuka untuk para pengunjung mulai dari jam setengah 9 pagi sampai jam 2 siang setiap hari, kecuali hari minggu atau hari libur nasional. Lokasinya yang tidak terlalu luas, terkadang membuat pelanggannya harus mengantri atau berjalan menuju ke lokasi yang kedua, apalagi bila jam makan siang telah tiba. Sebagian besar para pengunjung yang sudah tidak sabar untuk menikmati soto ayamnya dan tidak mau mengantri, mereka lebih memilih untuk berjalan menuju lokasi kedua yang tempatnya lebih luas.

Tak jauh berbeda dengan soto ayam pada umunya, untuk semangkuk soto ayam terdiri dari irisan daging ayam, telur, kol dan bahan pelengkap lainnya. Kemudian disiram dengan kuah sotonya yang bening, dan untuk nasinya bisa memilih untuk dipisah atau dicampur di dalam mangkuk. Meski kita sudah bisa menikmati kelezatannya tanpa ada tambahan lain, tapi akan lebih mantap lagi jika ditambah dengan sedikit sambal, perasan jeruk nipis, kecap manis dan koya yang sudah tersaji di atas meja. Penambahan bubuk koya ini semakin melengkapi kelezatan soto ayam Cak To, apalagi dengan tambahan uritan (telur muda) yang menyempurnakan sajian soto ayam ini.

Untuk menikmati soto ayam Cak To, kita cukup mengeluarkan kocek sebesar 12ribu rupiah untuk menu standar. Sedangkan untuk menu soto ayam dengan tambahan uritan, kita cukup mengeluarkan kocek sebesar 14ribu rupiah untuk setiap porsinya. Kalau Anda ingin menikmati soto ayam Cak To diluar jam tersebut, Anda bisa datang ke lokasi yang kedua, karena di depot ini, jam bukanya lebih lama. Biasanya mulai dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore, namun tak jarang sebelum jam 5 sore soto ayamnya sudah habis oleh para pengunjungnya.

 

(Lila, November 2011)

Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Specifications

  • Menu Andalan: Soto Ayam (Rp. 12.000/ porsi) Soto Ayam (Rp. 12.000/ porsi)
  • Jam Buka: 06.00 - 17.00 (kecuali Minggu & hari Libur Nasional)
  • Alamat Lokasi: Jl. Undaan Wetan, / Jl. Undaan Wetan 10, Gang Ngemplak I/ 36, Surabaya Telp. 031-5317845 Jl. Undaan Wetan, / Jl. Undaan Wetan 10, Gang Ngemplak I/ 36, Surabaya Telp. 031-5317845

Peta

Tags

soto

Share this product

pia baliku banner


Copyright Wisata Kuliner 2011