728x90_bali_bahasa indonesia
Home Tempat Makan Bali Ayam Betutu “Pitik Bali” - Gianyar

Ayam Betutu “Pitik Bali” - Gianyar

4.9/5 rating (18 votes)

Mencari kuliner enak bisa ditemukan dimana saja, begitu juga dengan kuliner ayam betutu yang terkenal sebagai makanan khas Pulau Bali juga bisa ditemukan di Pasar Senggol Gianyar. Pasar Senggol merupakan pasar yang ada mulai sore hingga malam hari di Jl. Ngurah Rai Gianyar. Sedangkan pada siang hari, pasar ini merupakan Pasar Umum Gianyar yang menyediakan berbagai keperluan sehari-hari seperti pasar pada umumnya.

Baik di tepi jalan Ngurah Rai Gianyar maupun di dalam Pasar Senggol Sari Boga Gianyar, terdapat beberapa penjual ayam betutu. Namun bagi pecinta kuliner yang beragama muslim agar lebih berhati-hati dalam memilih penjual ayam betutu, karena ada penjual ayam betutu yang mengandung b2. Karena Saya sendiri seorang muslim, jadi mau tidak mau harus berjalan menyusuri Pasar Senggol Gianyar sambil melihat-melihat penjual ayam betutu yang enak tentunya. Setelah menyusuri pasar, akhirnya Saya pun kembali ke pintu masuk pasar. Karena waktu masuk ke dalam pasar senggol, ada sebuah penjual ayam betutu di sebelah kiri yang cukup ramai.

Karena perut sudah keroncongan, Saya pun segera memesan seporsi ayam betutu dengan segelas es teh manis. Sambil menunggu pesanan, Saya memperhatikan keadaan pasar sekitar, ada banyak penjual jajanan pasar yang bervariasi, penjual martabak, gorengan hingga pakaian dan juga berbagai aksesoris yang biasa digunakan. Setelah pesanan datang, ternyata porsinya cukup besar dengan komposisi yang sedikit berbeda dengan menu ayam betutu yang biasa Saya jumpai. Dalam seporsi ayam betutu ada sayur daun singkong, serombotan, sayur gori/ nangka muda, seruas daging ayam, telur ikan pindang, kacang tanah dan tentu saja sambal matah yang selalu mendampingi. Setelah disantap, rasanya bikin lidah bergoyang, apalagi sensasi pedas sambal matahnya, semakin melengkapi kenikmatan ayam betutu pasar senggol.

Selain ayam betutu, warung makan lawar bebek “Pitik Bali” juga menyediakan berbagai macam menu lain, ada ayam panggang, nasi campur, lawar bebek, jukut ares dan bebek betutu. Untuk menikmati seporsi ayam betutu beserta minumnya, kita cukup mengeluarkan uang sekitar ± Rp 21.000. Biasanya warung ini sudah mulai melayani para pengunjungnya mulai jam 4 sore sampai jam 10 malam setiap harinya.

 

(Lila, September 2011)

Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Specifications

  • Menu Andalan: Ayam Betutu (±Rp 21.000)
  • Jam Buka: 16.00 - 22.00
  • Alamat Lokasi: Di Dalam Pasar Senggol Sari Boga Gianyar, Bali Telp. 0361-944654

Peta

Share this product

pia baliku banner


Copyright Wisata Kuliner 2011