Home Pusat Oleh-oleh Lumajang Rengginang Cap Jempol

Rengginang Cap Jempol

3.7/5 rating (3 votes)

Rengginang merupakan salah satu jenis kerupuk yang biasanya terbuat dari beras ketan atau beras biasa. Kalau di daerah Jawa Tengahan kita mengenal ­intip yang biasanya berukuran cukup besar dan tebal. Namun kalau kita sedang berada di Lumajang, maka kita akan menjumpai Rengginang yang serupa dengan intip namun ukurannya lebih kecil.

Bisa dikatakan kalau rengginang ini termasuk salah satu oleh-oleh dari Lumajang, terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian diberi tambahan bumbu. Setelah tercampur rata dengan bumbu, kemudian dibentuk dan dijemur hingga kering. Baru setelah itu digoreng dalam minyak panas hingga mengembang dan dikemas untuk kemudian dipasarkan. Karena terbuat dari beras ketan tanpa proses penghalusan, sehingga tekstur rengginang masih seperti butiran-butiran beras ketan yang saling menempel.

Ketika Saya bersama tim wisatakuliner.com ke kota Lumajang, kami singgah ke salah satu toko oleh-oleh yang berlokasi di Jl. DR. Koesnadi, No. 26, Lumajang. Jalur ini merupakan salah satu komplek pertokoan, bila sudah mulai malam jalan akan ditutup kemudian di sepanjang jalur ini digunakan oleh para pedagang makanan di malam hari. Ada cukup banyak jenis makanan yang bisa kita temukan di komplek ini, mulai dari jajanan hingga makanan berat. Sedangkan Toko oleh-oleh yang bernama Toko Manalagi ini baru menutup kiosnya sekitar jam 8 malam.

Dari informasi yang Saya terima, usaha yang kini dikelola oleh Ibu Mee Lan ini sudah berjalan sejak 40 tahun yang lalu. Untuk oleh-oleh yang sering dicari para pembelinya yaitu Rengginang Jempol yang diproduksi sendiri. Dalam proses produksinya, biasanya dalam sehari bisa memproduksi ±100 bungkus baik yang original (asin) maupun manis. Namun kebanyakan para pembelinya lebih menyukai yang original, selain asin, gurih, juga ada rasa udangnya. Semua produksi rengginangnya dipasarkan dalam bentuk sudah digoreng. Selain melayani pembelian di tempat, mereka juga melayani pemesanan dengan S & K yang sudah disepakati kedua belah pihak. Untuk satu bungkus dibandrol 12ribu rupiah untuk yang original dan 13ribu rupiah untuk yang manis. Biasanya rengginang ini bisa bertahan hingga 1 bulan, tapi Saya bisa jamin sebelum satu bulan pasti sudah habis duluan karena rasanya memang enak.

 

Lila, Juli 2012

Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Specifications

  • Oleh2 Khas: Rengginang (Rp. 12.000 – Rp. 13.000)
  • Jam Buka: 07.00 - 20.00
  • Alamat Lokasi: Jl. DR. Koesnadi (Jl. Stasiun)No. 26, Lumajang Telp. 0334-883223

Share this product

banner pia baliku okt
joglobali


Copyright Wisata Kuliner 2011