728x90_bali_bahasa indonesia
Home Pusat Oleh-oleh DI Yogyakarta Bakpia Pathok 75

Bakpia Pathok 75

4.1/5 rating (8 votes)

Souvenir atau oleh-oleh selalu tidak pernah ketinggalan dibawa kalau pulang dari luar kota, dan setiap kota selalu memiliki beragam jenis oleh-oleh yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan para pengunjung. Sepulang dari kota Jogjakarta, bakpia pathok tentu saja menjadi oleh-oleh wajib bagi siapa saja yang singgah dikota yang memiliki predikat sebagai “Daerah Istimewa” ini. Menurut sejarahnya, Bakpia Pathok (bakpia patuk) bukan merupakan warisan kuliner Indonesia. Dilihat dari namanya, bakpia yang berasal dari kata bak (babi) dan pia (kue pia), bakpia merupakan kue pia yang mengandung bak (babi) dan berasal dari Cina. Namun seiring berjalannya waktu dan percampuran budaya, kini bakpia yang dikenal di daerah Jogjakarta identik dengan isi kacang hijau tanpa campuran babi tentunya.

Sedangkan nama Bakpia Pathok (Bakpia Patuk), berasal dari nama kue yang digabungkan dengan nama tempat dimana kue tersebut diproduksi dan mulai dikenal. Pada masa sekarang ini, Jalan Pathok sudah berganti nama menjadi Jl. KS. Tubun. Selain itu, di kawasan ini ada puluhan home industry bakpia dengan berbagai merk yang bisa ditemukan. Namun bakpia pathok (bakpia patuk) yang tertua dan menjadi pelopornya adalah Bakpia Pathok 75 (bakpia patuk 75) yang sudah berdiri sejak tahun 1948. Bakpia Patuk 75 terletak di Jl. KS. Tubun no. 75 sebagai pusatnya. Namun ketika itu, tim dari wisatakuliner.com hanya sempat singgah di Jl. Ks. Tubun yang no 83, Jogjakarta.

Berbeda dengan bakpia yang sering dijumpai di Pulau Bali, bakpia pathok ukurannya cukup kecil dengan tekstur yang empuk dan lembut saat dinikmati. Sehingga tidak membuat eneg meski sudah menghabiskan cukup banyak, selain itu juga tidak bikin seret. Bakpia memang sangat identik dengan isi kacang hijau, namun seiring berjalannya waktu, kini bakpia pathok 75 (bakpia patuk 75) memiliki beberapa macam rasa. Ada cokelat dan juga keju, bahkan ada beberapa home industry bakpia yang memiliki variasi rasa buah-buahan. Biasanya bakpia patuk 75 (bakpia pahok) dijual dalam kemasan kardus berisi 20 buah dengan harga mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 27.500/ kardus. Selain di Jl. KS. Tubun no. 75 dan no 83, Bakpia Pathok juga bisa ditemukan di Jl. H.O.S Cokroaminoto 119 B dan Jl. Magelang km 45 (Depan TVRI), Jogjakarta. Karena dalam pembuatan bakpia tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga bakpia hanya bisa bertahan sekitar 6-10 hari saja. Namun jika dimasukkan ke dalam lemari es, bisa bertahan lebih lama 2-3 hari berikutnya.

 

Lila, Januari 2012

Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Specifications

  • Oleh2 Khas: Bakpia Pathok 75 (Rp. 25.000 - Rp. 27.500)
  • Jam Buka: 09.00 - 21.00
  • Alamat Lokasi: Jl. KS. Tubun no. 75 & 83, Kec. Ngampilan, Jogjakarta Telp. 0274-566406

Peta

Share this product

new jimbaran


Copyright Wisata Kuliner 2011