728x90_bali_bahasa indonesia
Home Pusat Oleh-oleh Malang Bakpia dan Bakpao TelO

Bakpia dan Bakpao TelO

4.5/5 rating (10 votes)

Bakpia dan bakpao merupakan salah satu jenis makanan khas dari Republik Cina. Seiring berjalannya waktu dan saling membaurnya kebudayaan di dunia, bakpia maupun bakpao juga dikenal di Indonesia. Biasanya bakpao dan bakpia terbuat dari tepung terigu sebagai bahan dasarnya, namun tak demikian jika kita singgah ke Repoeblik TelO. Lokasinya berada di Jalan Raya Simping Purwodadi, Pasuruan, namun lebih mudah ditemukan dengan berpatokan pada kota Lawang saat menuju kota Malang. Kalau dari Kota Surabaya menuju kota Malang, saat melewati kota Lawang lokasinya berada di kanan jalan, tidak sulit untuk menemukan tempat ini, karena lokasinya yang tepat berada di tepi jalan raya dan tempatnya juga luas dengan warna ungu yang sangat dominan.

Repoeblik TelO merupakan salah satu pusat oleh-oleh yang dilengkapi dengan sebuah café. Ketika memasuki Repoeblik TelO, kita akan melihat semua jenis makanan yang berbahan dasar TelO atau ubi jalar. TelO sangat identik dengan makanan desa yang biasanya disajikan dengan cara direbus, dikukus, digoreng atau diolah menjadi jajanan khas pedesaan. Namun penyajian telo yang akan Anda temukan di Repoeblik TelO jauh berbeda, karena ­telo-telo tersebut diolah menjadi berbagai macam makanan modern. Seperti Brownies Telo Kukus, Ice Cream Telo, Pizza Telo, Nugget Telo, Ice Cone Telo, Sandwich-Hotdog Telo dan masih banyak lagi jenis yang lainnya.

Meski telo sudah diolah menjadi berbagai macam jenis makanan, namun rasanya masih telo banget. Misalnya saja ketika menikmati es krim cup, kita masih bisa merasakan serabut-serabut telo. Berbeda lagi saat kita menikmati ice cone telo yang teksturnya lebih lembut namun tidak kehilangan rasa telonya. Setelah menikmati salah satu jenis olahan telo, tak heran jika kita merasa kenyang seperti habis makan telo.

Dari sekian jenis olahan telo, yang menjadi icon dan paling digemari pengunjung sebagai oleh-oleh yaitu telo yang diolah menjadi Bakpao dan Bakpia. Ada cukup banyak variasi rasa yang tersedia, seperti rasa cokelat, keju, kacang tanah, daging, strawberry, nanas dan tak ketinggalan juga rasa kacang hijau. Bakpaonya ada yang dijual bijian dan kemasan campur, kalau yang bijian dijual dengan harga ±3ribu sampai 4ribu rupiah tergantung isiannya. Sedangkan untuk kemasan paket campur yang isinya non-keju, biasanya berisi antara 5 sampai 10 buah per kardus. Sedangkan untuk bakpianya, dijual dalam kemasan kecil berisi 9 buah dengan harga ±14ribu 5ratus rupiah dan variasi rasanya lebih sedikit.

Selain sebagai pusat oleh-oleh, Repoeblik TelO juga cocok sebagai tempat istirahat maupun tempat nongkrong bersama keluarga atau sahabat sambil menikmati berbagai macam olahan telo. Cafenya yang tidak terlalu luas dan ada di ruang terbuka, menjadi tempat yang nyaman, apalagi ditambah dengan fasilitas free hotspot. Tak hanya café dan berbagai jenis makanan olahan telo. Ditempat ini juga terdapat sebuah stand yang menjual berbagai pernak-pernik maupun baju ala Repoeblik TelO , dan semuanya dominan dengan warna ungu.

 

(Lila, Oktober 2011)

Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Specifications

  • Oleh2 Khas: Bakpao (Rp. 3.000/ biji) & Bakpia (Rp. 14.500/ kotak)
  • Jam Buka: 08.30 - 21.00
  • Alamat Lokasi: Jl. Raya Purwodadi No. 1, Lawang - Malang Telp. 0341-428717

Peta

Share this product

new jimbaran


Copyright Wisata Kuliner 2011